Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Situbondo, Karna Suswandi mengatakan Gerakan Pramuka punya peran serta dalam rangka mengatasi permasalahan generasi muda yang makin hari semakin kompleks.

"Tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda makin hari semakin kompleks, dan perlu peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini sesuai dengan Satya Pramuka kedua 'Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat'," kata Karna dalam sambutannya di acara Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang, Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Situbondo 2021 - 2026 di Pendopo Kabupaten Situbondo, Kamis.

Selain itu, tujuan mulia pendidikan kepramukaan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin, menjadi modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti.

Untuk itu, kata Bupati Karna Suswandi, perlu upaya untuk meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan Kwartir Cabang yang sistematis, terencana dan berkelanjutan.
 
Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang, Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Situbondo 2021 - 2026 di Pendopo Kabupaten Situbondo. Kamis (10/2/2022) (ANTARA/Novi H)

"Saya berharap dengan pelantikan ini merupakan upaya memantapkan organisasi, sistem manajemen dan sumber daya, yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di tingkat cabang," ujarnya.

Menurut Karna Suswandi, keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 225 Tahun 2015 tentang Petunjuk Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka, tugas Majelis Pembimbing adalah memberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral, organisatoris, materiil, finansial dan konsultasi kepada gugus depan, satuan, dan kwartir yang bersangkutan.

"Saya berharap kepada Forkopimda selaku anggota Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Situbondo membantu atas gerak tumbuh dan berkembangnya pramuka," tuturnya.

Sejak awal pandemi, lanjut dia, Gerakan Pramuka melalui kegiatan pengabdian masyarakat bersama dengan seluruh jajaran, telah turun langsung membantu penanggulangan pandemi.

"Latihan-latihan kepramukaan, termasuk kegiatan menempuh syarat kecakapan umum dan syarat kecakapan khusus bagi para peserta didik, harus terus diupayakan. Para Pembina Pramuka diharapkan dapat menginisiasi kegiatan-kegiatan kreatif yang membuat para peserta tetap bersemangat mengikuti latihan kepramukaan," katanya.
 
Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang, Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Situbondo 2021 - 2026 di Pendopo Kabupaten Situbondo. Kamis (10/2/2022) (ANTARA/Novi H)

Karna Suswandi menambahkan, tahun ini kwartir nasional akan menyelenggarakan kegiatan besar tingkat nasional, yaitu Jambore Nasional di Cibubur Jakarta, yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2022.

"Saya berharap kwartir cabang menyiapkan dan berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan metode yang berbeda dari biasanya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Arum Sabil mengatakan Gerakan Pramuka untuk mematangkan karakter, pembangunan kebangsaan, dan pemkab bertugas untuk membantu fasilitas yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pendidikan kepramukaan.

"Salah satu unsur yang penting adalah majeleis pembimbing yang bertugas untuk membimbing dan memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan kegiatan Pramuka. Kwarda Jatim akan terus berkomitemn untuk melakukan gerakan pramuka yang produktif," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022