Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Malang (Unisma) dan Universitas Tribhuana Tunggadewi (Unitri) Malang untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah itu.

Menurut Bupati Sampang Slamet Junaidi di Sampang, Jawa Timur, Minggu, penandatanganan perjanjian kerja sama antara kedua perguruan tinggi di Malang itu dilakukan beberapa waktu lalu.

"Selain untuk meningkatkan IPM, kerja sama dengan Unisma dan Unitri ini juga meningkatkan mutu pendidikan dan kesehatan di kabupaten ini," kata bupati.

Kerja sama dengan Unisma pada bidang kesehatan dan pendidikan, antara Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes- KB) Pemkab Sampang dengan Fakultas Kedokteran serta Dinas Pendidikan dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unisma.

Sedangkan kerja sama dengan Unitri Malang di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup, perencanaan pembangunan daerah, pengembangan pariwisata daerah, pemberdayaan masyarakat, teknologi informasi dan komunikasi, perekonomian, seni dan budaya, ketahanan pangan, dan bidang-bidang lain yang dipandang relevan serta disepakati.

Dua universitas tersebut dipilih sebagai mitra yang tepat untuk belajar, mengadaptasikan inovasi dengan pendekatan ilmiah dalam rangka menjawab problematika maupun tantangan pembangunan yang dihadapi di Kabupaten Sampang.

"Kedua perguruan tinggi ini kami anggap nantinya mampu memberikan masukan, saran, maupun dukungan teknis dalam beragam aspek pembangunan di Sampang," kata bupati.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sampang ini berharap kerja sama yang terjalin antara pemerintah daerah dan instansi pendidikan dapat mengakselerasi pembangunan di Kabupaten Sampang dalam berbagai sektor.

"Semoga perjanjian kerja sama ini dapat terealisasi secara konkret di lapangan untuk mempercepat pembangunan di berbagai sektor agar kesejahteraan masyarakat kami terus meningkat," katanya.

Kerja sama dengan Unisma dan Unitri ini merupakan kerja sama lanjutan dengan perguruan tinggi yang telah dilakukan Pemkab Sampang.

Sebelumnya, Pemkab Sampang juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan Politeknik Negeri Madura (Poltera), juga untuk meningkatkan IPM.

"IPM di Kabupaten Sampang berdasarkan data BPS adalah 63,39. Dengan kerja sama ini kami berharap IPM di kabupaten ini menjadi lebih baik," katanya.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023