Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Sidoarjo, Jawa Timur, mengajak kaum wanita, khususnya bu-ibu di wilayah hukum setempat agar berperan aktif dalam mengawasi lingkungan masing-masing demi terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Sekecil apapun persoalan, baik di tingkat keluarga maupun di sekitar rumah kita, agar dapat segera dicarikan solusi bersama. Semisal apabila ada kasus KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) atau lainnya, dapat disampaikan kepada pihak berwenang agar tidak berlarut-larut," kata Kabag Perencanaan Polresta Sidoarjo Kompol Ria Anggraini di sela kegiatan Curhat Bersama Polwan di Balai RW Perumahan Masangan Kulon, Sukodono, Sidoarjo, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan Curhat Bersama Polwan yang dihadiri perwira dan anggota Polwan Polresta Sidoarjo, pengurus PKK Masangan Kulon, perangkat desa dan RT/RW setempat ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Polisi Wanita Republik Indonesia tahun 2023.

"Tujuan dari kegiatan Curhat Bersama Polwan, tak lain guna mewujudkan situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif, juga sebagai upaya mendekatkan Polri dengan masyarakat serta diharapkan dapat menunjukkan kepedulian polwan terhadap masyarakat," ujarnya.

Ria mengatakan Polwan mengajak kaum wanita untuk turut serta dalam membantu membangun keluarga yang kuat dan stabil, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada perkembangan generasi penerus bangsa Indonesia.

“Melalui peran positif Polwan langsung ke masyarakat, kami berharap dapat mendengar keluh kesah warga, terutama berkaitan dengan emansipasi wanita dan keselamatan lingkungan keluarga," tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Polwan Polresta Sidoarjo yang ada di satuan reserse kriminal, narkoba dan lalu lintas juga menyampaikan peran wanita di dalam keluarga ataupun masyarakat.
 
"Sehingga berbagai persoalan berkaitan dengan kenakalan remaja, kasus KDRT, bahaya pengaruh negatif dari media sosial, tertib lalu lintas dan bahaya kamtibmas lainnya dapat dicegah bersama-sama," tuturnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023