Pemerintah Kota Kediri mengingatkan orang tua untuk menjauhkan gawai pada anak dan sehingga mereka bisa tumbuh dan lebih dekat dengan lingkungannya.

"Saya juga berpesan kepada orang tua agar dikurangi dalam memberikan gadget (gawai) untuk anaknya. Karena anak-anak ini harus bermain secara fisik dan bersosialisasi," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam peringatan Hari Anak Nasional ke-39 di GOR Jayabaya Kota Kediri, Rabu.

Wali Kota juga mengingatkan harapan pemerintah untuk dapat mencetak generasi emas di masa mendatang. Momen peringatan Hari Anak Nasional ke-39 ini bagus sebagai media mengingatkan lagi tentang pentingnya edukasi pada anak.

"Acara ini dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional ke-39. Alhamdulillah Dinas Pendidikan beserta Forum Anak Kota Kediri, dan Lembaga Perlindungan Anak serta seluruh stakeholder pendidikan yang ada di Kota Kediri mengadakan acara yang sangat keren ini. Acara ini memberikan ruang dan media untuk anak-anak mengeksplorasi potensi yang dimilikinya. Mudah-mudahan acara seperti ini terus ada," kata dia.

Mas Abu, sapaan akrabnya, juga meminta kepada anak-anak di Kota Kediri untuk tidak melakukan perundungan pada rekan-rekannya yang lain.

Dirinya mengingatkan, apabila ada yang mengalami atau mengetahui tindak perundungan, kekerasan seksual dan lainnya harus berani melaporkannya.

"Anak-anak di Kota Kediri harus tumbuh dan berkembang dengan baik untuk mencetak generasi emas di masa mendatang bukan generasi cemas. Selain itu, anak-anak Kota Kediri juga harus memiliki mental yang hebat, agar siap ketika kelak bertanding dengan anak-anak di seluruh belahan dunia," tegasnya.

Ia pun juga memberikan pesan kepada seluruh guru yang ada di Kota Kediri untuk tidak memberikan pekerjaan rumah (PR) terlalu banyak kepada muridnya. Tujuannya agar anak-anak tetap memiliki waktu untuk bermain dan bersama keluarganya.

Pada Festival Hari Anak Nasional Kota Kediri ini, diikuti anak-anak mulai tingkat SD sampai dengan SMA sederajat. Mereka unjuk kebolehan dalam bermain alat musik, menari, baris kreasi, menyanyi, dan penampilan lainnya.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Anang Kurniawan, Bunda PAUD Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, perwakilan Kemenag Kota Kediri, perwakilan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, kepala sekolah dan guru se-Kota Kediri, dan para peserta didik mulai tingkat Kelompok Bermain sampai SMA sederajat.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023