Wakil Bupati (Wabup) Lumajang Indah Amperawati mengatakan bahwa event " Dodolan Kampung" yang digagas Kelurahan Ditotrunan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mampu menumbuhkan ekonomi kerakyatan di lingkungan setempat.

"Kegiatan itu benar-benar ekonomi rakyat, dari yang modalnya kecil tapi bisa dinikmati oleh masyarakat, baik dari sisi penjual maupun pembeli," katanya saat meninjau kegiatan Dodolan Kampung di RW 005, Kelurahan Ditotrunan, Kecamatan Lumajang, Minggu.

Menurutnya, kegiatan tersebut tidak hanya fokus soal jajanan ataupun makanan kuliner tradisional warga Kabupaten Lumajang, namun juga menjadi salah satu tujuan alternatif wisata pada setiap hari Minggu nantinya.

Selain itu, ujar dia, antusias masyarakat dalam mengunjungi kegiatan "Dodolan Kampung" tergolong cukup tinggi, karena ramainya pengunjung yang mencoba menikmati sajian kuliner yang disajikan penjual mulai sejak pagi.

"Saya berharap agar event tersebut nantinya bisa menjadi percontohan bagi RW-RW lainnya, seperti misal melalui studi banding antar-RW, sehingga ekonomi kerakyatan dapat tumbuh ke setiap kelurahan," ujarnya pula.

Ia menjelaskan bahwa warga di lingkungan RW 005, Kelurahan Ditotrunan itu selalu menjadi pioner dan terdepan dalam melakukan kegiatan atau kreativitas, sehingga perlu dicontoh oleh warga lainnya untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan.

Warga sangat antusias mendatangi acara Dodolan Kampung itu, karena menyajikan berbagai jajanan dan kuliner tradisional, bahkan pengunjung yang datang ke acara tersebut tidak hanya warga Kelurahan Ditotrunan.

Wabup yang biasa dipanggil Bunda Indah menyapa warga yang berjualan dan datang untuk menikmati aneka kuliner yang dijual oleh warga setempat dengan aneka menu dan rasa.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023