Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto menyatakan pengerjaan proyek Alat Penerangan Jalan (APJ) melalui skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang menjadi program percontohan nasional di Kabupaten Madiun, Jatim telah mencapai 99,85 persen.

"Program percontohan nasional ribuan titik itu, kini sudah mencapai progres 99,85 persen dan tinggal menunggu peresmian," ujar Wabup Hari Wuryanto di Madiun, Jumat.

Menurutnya, proyek APJ melalui skema KPBU tersebut bertujuan untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat, menurunkan angka kriminalitas, dan angka kecelakaan.

Selain itu, juga memberikan masyarakat menjadi lebih nyaman, jam kerja akan bertambah sehingga menciptakan kegiatan-kegiatan ekonomi baru.

Adapun, proyek APJ melalui skema KPBU tersebut meliputi pembangunan baru, pengoperasian, dan pemeliharaan terhadap sebanyak 7.458 titik APJ yang tersebar di jalan nasional, jalan kabupaten utama, dan jalan perkotaan.

Hari juga menyampaikan proses finishing ditargetkan akan selesai pada akhir Juni. Kemudian pada tanggal 1 Juli akan dilakukan uji coba dan selanjutnya diresmikan pada tanggal 18 Juli yang bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Madiun ke-455.

Wabup berpesan agar seluruh masyarakat mempunyai rasa memiliki untuk saling menjaga dan mengawasi lampu APJ.

"Lampu ini milik kita bersama, kami berharap kepala desa dan masyarakat merasa memiliki dan saling menjaga," katanya.

Setiap tiang APJ yang dipasang tersebut memiliki seri nomor dan akan dilengkapi kontak aduan apabila terjadi sesuatu agar segera ditindaklanjuti.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023