Puluhan bakal calon legislatif (bacaleg) dari PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Sidoarjo Timur memperingati Juni sebagai Bulan Bung Karno (Soekarno) melalui pemasangan spanduk di sejumlah titik di kabupaten setempat.
 
Ketua DPC PDIP Sidoarjo Sumi Harsono, Kamis, menginstruksikan kepada seluruh bakal caleg untuk membuat dan memasang spanduk kegiatan. 
 
"Mengenang jasa pendiri bangsa dengan mengkhidmati peristiwa-peristiwa penting di bulan Juni yang terkait dengan Bung Karno," katanya.
 
Dalam spanduk tersebut juga terpampang gambar bakal calon Presiden RI Ganjar Pranowo.

Spanduk terpasang di titik-titik strategis semisal di Jalan Raya Buduran - Sidoarjo, Pasar Wisata Tanggulangin sampai di perempatan atau pertigaan di kecamatan.
 
Sumi menjelaskan setidaknya ada tiga peristiwa sejarah yang penting, pertama pada 1 Juni 1945, peristiwa Bung Karno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), berpidato menjelaskan lima dasar negara yang dinamakan Pancasila. 
 
Peristiwa tersebut, kemudian ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni. 
 
Kedua, kata dia, pada 6 Juni 1901 adalah waktu kelahiran Bung Karno. Sang proklamator lahir di sebuah rumah kontrakan di Jalan Peneleh, Gang IV Nomor 40 Pandean, Kecamatan Genteng, Surabaya.
 
"Ketiga, 21 Juni 1970, waktu Presiden Pertama RI tersebut wafat di Jakarta dan dimakamkan di Kota Blitar," katanya.
 
Sekretaris DPC PDIP Sidoarjo Samsul Hadi menambahkan ratusan spanduk telah terpasang di berbagai titik di 18 kecamatan se-kabupaten.
 
Instruksi pemasangan spanduk ditujukan kepada 50 bakal caleg DPRD Sidoarjo, termasuk untuk tingkat provinsi dan RI. 
 
"Untuk 50 bakal caleg tingkat kabupaten memasang minimal tiga spanduk. Jumlah keseluruhan terpasang ratusan," tutur dia.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023