Sejumlah mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur melakukan kegiatan magang dengan melakukan analisis pengolahan limbah di TPA Sidoarjo selama empat bulan mulai 13 Februari hingga 12 Juni 2023. 
 
Salah seorang peserta magang, Ahmad Aufinal Muna, dalam keterangan tertulis di Sidoarjo, Rabu, mengaku pentingnya pengelolaan limbah sebelum dibuang ke lingkungan.
 
"TPA Sidoarjo sudah dilengkapi dengan fasilitas instalasi pengolahan limbah," katanya didampingi rekannya, Rania Ichdatunnisa.
 
Keduanya bersama mahasiswa UPN lainnya diajari cara mengolah limbah lindi yang ada di TPA, karena limbah ini merupakan suatu cairan yang dihasilkan dari pemaparan air hujan di timbunan sampah.
 
"Cairan ini sangat berbahaya dan beracun karena mengandung konsentrasi senyawa organik maupun senyawa anorganik tinggi," ucapnya.
 
Hasil olahan lindi tersebut dianalisis di laboratorium TPA, apakah sudah sesuai baku mutu atau belum guna mencegah cairan yang beracun tersebut menyebar luas di lingkungan warga.
 
Mahasiswa tim pengabdian masyarakat yang magang di TPA Sidoarjo itu melakukan analisis uji laboratorium dengan sampel yang diambil dari enam titik. 
 
Titik pertama diambil inlet, titik kedua berada di spillway yang berada di step 1, titik ketiga dan keempat diambil di jetpump 1 dan 2 yang berada pada step 2, titik ke 5 diambil di UF dan titik ke 6 diambil di outlet yang berada di step 3. 
 
Uji analisis yang dilakukan meliputi uji Ph, suhu, TSS, BOD, COD, conductivity, NH4, NO2, NO3, Phospat, chloride, alkalinity, dan uji N. 
 
Untuk ketentuan nilai baku mutu air lindi sendiri mengacu pada permen LHK No. 59 tahun 2016, hasil dari analisis uji lab selama ini sudah sesuai dengan baku mutu dan layak untuk dibuang ke badan sungai.
 
"Kami berharap magang di UPN "Veteran" Jatim ini dapat berjalan konsisten untuk pengolahan lindi di TPA Sidoarjo dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih peduli terhadap kualitas air yang digunakan karena dengan konsumsi air yang bersih, aman, dan layak maka kesehatan masyarakat juga terjaga dan sejahtera," katanya.
 
Pihak UPN menambahkan kegiatan magang atau kerja praktik merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung di dunia pekerjaan, sekaligus wujud relevansi antara teori yang didapat selama di perkuliahan dengan praktik yang ditemui.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023