Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan Taman Surya yang berada dalam satu kompleks dengan Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, hampir setiap malam tidak pernah sepi pengunjung.

"Gunakan Taman Surya ini sebagai tempat berkreasi," katanya dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Selasa.

Setelah Taman Surya dibuka untuk umum pada Rabu (31/5) malam, hampir setiap malam selalu padat pengunjung. Bahkan, kalau malam minggu, Taman Surya penuh pengunjung karena dinilai kian cantik dan menakjubkan.

Ia mempersilakan warga berolahraga pagi di tempat itu, namun saat jam kerja mulai pukul 07.30 WIB, taman itu ditutup sementara.

"Nanti setelah pukul 18.00 WIB, silakan warga Surabaya bisa menikmati Taman Surya ini," kata Cak Eri, panggilan akrabnya.

Ia menyampaikan pada pagi hari, Taman Surya dibuka pukul 06.00-07.30 WIB, untuk sesi malam dibuka pukul 18.00-21.00 WIB, sedangkan akhir pekan khusus untuk sesi malam dibuka pukul 18.00-22.00 WIB.

Ia mengajak warga melakukan kegiatan di Taman Surya, seperti berolahraga, hingga menjadi tempat berkumpul atau berwisata untuk keluarga.

"Kalau ada kelompok senam dari RT/RW di Taman Surya, silakan. Karena yang pasti Taman Surya mulai hari ini, sudah menjadi milik rakyat. Silakan mencari inspirasi atau bahkan menginspirasi warga kota yang lainnya," ucapnya.

Para pengunjung berdatangan setelah maghrib. Mereka biasanya membawa anak-anaknya untuk bermain di taman tersebut. Para anak pun riang gembira berada di taman yang luas itu. Apalagi, fasilitas di taman itu kian lengkap dengan adanya burung-burung di sangkar besar beserta kolam ikannya. Bahkan, penerangan lampunya juga dinilai indah.

Baca juga: Taman Surya jadi salah satu destinasi wisata di Surabaya

"Ini sangat luar biasa, kini cantik dan 'amazing' (menakjubkan, red.) setelah Taman Surya ini dibuka untuk umum," kata salah seorang warga Surabaya, Fahrul, yang datang bersama anak dan istrinya di Taman Surya, Senin (5/6) malam.

Menurutnya, program Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebagai bagus untuk membuka Taman Surya sebab anak-anak bisa mendapatkan tempat bermain, orang tua rekreasi, dan anak-anak muda nongkrong.

"Sekarang ini lampu-lampunya sudah bagus, tamannya semakin cantik dan indah dan sangat instagramable, tadi juga ada burung-burungnya di sana anak saya senang sekali di sana, ada kolam ikannya juga, lengkaplah taman ini menurut saya, bagus sekali, cocok untuk tempat santai bersama keluarga. Taman ini akan semakin ramai kalau ditambah hiburan-hiburannya," ujarnya.

Engga Dwi Zenia, warga Mulyorejo ini, mengaku penasaran dengan adanya perbedaan di Taman Surya setelah dibuka untuk umum.

Ternyata, katanya, lampu-lampunya semakin terang dan bagus sehingga semakin indah, ditambah adanya burung-burung dan kolam ikan yang semakin menarik perhatian pengunjung.

"Yang paling membuat saya heran, ternyata warga Surabaya juga bisa ya menjaga taman ini, baik dari kebersihannya dan menjaga tamannya supaya tidak rusak. Jadi, warga juga kayak merasa memiliki taman ini, terbukti mereka ikut menjaga taman ini, ini sangat luar biasa sih," katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Eri yang telah membuka taman ini untuk umum.

Bagi dia, hal itu sebagai  terobosan dan program Wali Kota Eri yang bagus karena memang warga Surabaya membutuhkan tempat yang seperti ini, tempat nongkrong, tempat bermain untuk anak-anak, dan tempat luas.

"Tempat-tempat seperti ini yang memang dibutuhkan oleh warga, apalagi dibukanya Taman Surya ini supaya pemkot lebih dekat dengan warga, jadi ini sangat luar biasa, bagus banget," ujarnya.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023