Sebanyak 271 atlet terbaik Kota Surabaya diberangkatkan untuk mengikuti ajang Festival Olahraga Masyarakat Indonesia (Forda) 1 Jawa Timur yang digelar di Malang pada 27-30 Mei.

"Dengan berbagai persiapan selama ini, kami berharap mereka bisa menjadi juara umum di Forda 1 Jawa Timur dan nanti di Fordanas, perwakilan atlet Jawa Timur paling banyak dari Surabaya, itu harapan kami semua," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya Ikhsan saat melepas atlet di Balai Kota Surabaya, Jumat.

Meski begitu, ia berpesan kepada semua atlet untuk selalu mengutamakan sportivitas dan selalu menjaga kekompakan.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah menjaga nama baik Surabaya, nama baik Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Surabaya dan juga harus saling mendukung serta saling menyemangati.

"Saya yakin teman-teman atlet yang berangkat ini akan berjuang sekuat tenaga hingga titik darah penghabisan, tapi tetap harus menjunjung sportivitas," ujarnya.

Ikhsan juga menjelaskan bahwa keberangkatan para atlet sepenuhnya didukung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Untuk itu, Ikhsan meminta kepada para atlet untuk tidak khawatir karena mereka semua sudah diasuransikan.

"Mudah-mudahan nanti kerja sama dengan BPJS bisa terus berlanjut, karena para atlet ini akan lebih tenang ketika mereka main, ketika mereka bertanding sudah diasuransikan," katanya.

Sementara itu, Ketua Kormi Kota Surabaya Muhammad Sunar mengatakan 271 atlet yang diberangkatkan terdiri dari 120 laki-laki dan 151 perempuan yang akan berkompetisi di 21 cabang olahraga dari 31 cabang olahraga dilombakan.

"Meskipun ini baru pertama kalinya buat kami, tapi kami optimistis bisa membawa piala juara umum," katanya.

Ia mengakui, sudah mempersiapkan kompetisi ini jauh-jauh hari bahkan persiapan sudah dilakukan setelah kompetisi Fordanas dengan menjalani latihan khusus dan rutin.

"Makanya, dengan berbagai persiapan dan latihan ini, kami optimistis bisa juara umum," ujarnya.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023