Bupati Madiun, Jawa Timur Ahmad Dawami meminta Kangmas dan Nimas Kabupaten Madiun tahun 2023 yang baru terpilih untuk menjadi duta wisata sehingga mempromosikan potensi pariwisata yang ada di wilayah setempat agar lebih dikenal masyarakat.

"Saya minta Kangmas dan Nimas Madiun tahun 2023 yang terpilih mampu menjadi duta wisata Kabupaten Madiun yang baik, sehingga Kabupaten Madiun semakin dikenal potensi wisata dan keunggulan lainnya oleh masyarakat luas," ujar Bupati Ahmad Dawami di Madiun, Minggu.

Pada acara Malam Grand Final Pemilihan Kangmas dan Nimas Duta Wisata Kabupaten Madiun tahun 2023 di Pendopo Ronggo Djumeno Caruban, Kabupaten Madiun pada Sabtu (20/5/2023), Ilham Ananda Wahyu dan Luh Andana Warih berhasil menyisihkan para finalis lain dan terpilih menjadi pemenang.

"Saya berharap mereka bisa menjadi entreprenuer tourism. Dengan entreprenuer tourism itu, mereka bisa mengangkat potensi wisata Kabupaten Madiun," kata Bupati.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun Dian Widayanti mengatakan bahwa kegiatan Pemilihan Kangmas dan Nimas Duta Wisata Madiun 2023 itu merupakan bagian dari sustainable tourism atau wisata keberlanjutan di Kabupaten Madiun.

"Pemkab Madiun membutuhkan kader-kader terkait pariwisata dan nantinya mereka akan menjadi tiang penyokong pariwisata tersebut," kata Dian.

Ia menjelaskan dalam ajang tersebut, sebanyak 20 finalis yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan yang terpilih telah menjalani karantina dan diberi bekal tentang potensi wisata, sejarah batik khas Madiun, serta visi dan misi Kabupaten Madiun.

Mereka juga mengikuti serangkaian seleksi dan bersaing ketat dengan puluhan peserta lainnya.

Adapun tim juri yang dilibatkan pada pemilihan Kangmas dan Nimas Duta Wisata Kabupaten Madiun 2023 tersebut berasal dari luar Kabupaten Madiun.

"Kami menentukan juri semua dari luar kabupaten. Salah satunya dari provinsi, yang kedua dari International Agent of Miss Selection, dan dari aktivis kebaya serta batik. Semuanya dari luar kabupaten Madiun," katanya.

Para Duta Wisata Kabupaten Madiun diharapkan nantinya bisa mempopulerkan berbagai potensi wisata yang ada di daerah setempat agar semakin dikenal dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023