Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menargetkan menjadi juara umum lomba kompetensi siswa sekolah menengah kejuruan (LKS SMK) tingkat nasional. 

"Kami harap delegasi Provinsi Jatim bisa bertanding di 37 bidang lomba LKS SMK tingkat nasional," katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Minggu.
 
Menurutnya, target menjadi juara umum dipatok karena Jatim sebagai tuan rumah penyelenggaraan LKS SMK tingkat nasional yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2023.

Sementara pada 23 - 26 Mei 2023 digelar LKS SMK tingkat Provinsi Jatim yang diikuti 1.659 peserta dari 1.518 SMK negeri dan swasta di wilayah provinsi setempat. 

Unjuk kompetensi di 54 bidang lomba tersebut untuk mematangkan kompetensi siswa SMK se- Jatim untuk melaju ke tingkat Nasional.

Gubernur Khofifah memacu siswa agar fokus pada asah kompetensi keahlian. Selain itu mengingatkan agar selalu menjunjung sportifitas selama LKS berlangsung. 

"Prestasi memang penting. Tapi yang tidak kalah penting adalah menjunjung sportifitas. Tahun ini, semoga siswa didik kita  bisa membawa Jatim di tingkat nasional dengan menjadi juara umum. Tingkatkan terus kompetensi mereka. Mari kawal Jatim jadi juara umum tingkat nasional," tuturnya.

Mantan Menteri Sosial itu menandaskan, prestasi yang diraih para siswa nantinya akan bisa menjadi tolok ukur pengembangan dan peningkatan mutu kompetensi bagi para siswa SMK dan juga guru.

"Melalui kegiatan ini, para guru dapat melakukan evaluasi untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pembelajaran setelah memahami prestasi sekolah lain. Selain itu bisa menganalisa dan mengembangkan kreatifitas serta inovasi. Apa yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan akan menjadi catatan untuk mewujudkan mutu pendidikan yang makin  lebih baik," ujarnya. 

Khofifah menekankan, LKS menjadi bagian penting dalam meningkatkan keterserapan lulusan SMK, baik memilih bekerja, melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ataupun wirausaha, serta memberikan andil terhadap turunnya angka tingkat pengangguran terbuka (TPT) SMK. 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023