Pawai becak dan konser mini mewarnai pendaftaran bakal calon legislatif dari beberapa partai politik (parpol) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis.

"Hari ini tiga parpol yang mendaftarkan bakal calon legislatif-nya yakni PDI Perjuangan, Partai NasDem, dan Partai Perindo," kata Komisioner KPU Jember Ahmad Susanto di Kantor KPU setempat.

Rombongan bakal caleg PDIP mendaftar ke Kantor KPU Jember dengan konvoi becak yang membawa mereka diiringi dengan musik patrol, sedangkan Partai Nasdem menggelar konser mini di halaman Kantor KPU Jember untuk menghibur pengguna jalan yang melintas.

"Semua berkas tiga parpol yang mendaftar sudah dinyatakan lengkap dan diterima karena sudah sesuai dengan ketentuan," tuturnya.

Ia menjelaskan total sudah ada empat partai politik yang mendaftarkan bakal caleg-nya ke KPU Jember hingga Kamis sore yakni Partai Hanura pada Rabu (10/5) dan tiga parpol pada Kamis.

"Saya mengimbau parpol mendaftarkan bakal caleg-nya tidak mendekati hari terakhir pendaftaran pada Minggu (14/5) agar ketika ada kekurangan atau berkas kurang lengkap masih ada waktu melakukan perbaikan berkas sebelum batas akhir pendaftaran nanti," katanya.

Sementara Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jember Widarto mengatakan bakal caleg naik becak diiringi musik patrol sebagai simbol bahwa partai nya selalu bersama rakyat dan mengedepankan politik yang berkebudayaan.

"PDI Perjuangan adalah partai-nya wong cilik dan akan selalu bersama rakyat dan alunan musik patrol merupakan bagian kebudayaan Jember yang harus dilestarikan," ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Sayap DPD Partai NasDem Jember David Handoko Seto mengatakan partai-nya membawa mobil yang dimodifikasi menjadi panggung mini konser untuk menghibur masyarakat.

"Penyanyi yang menghibur masyarakat merupakan srikandi Partai NasDem dan menandakan bahwa kami bergembira mengantarkan bakal caleg untuk mendaftar ke KPU Jember," katanya.

Sementara Partai Perindo tidak membawa massa seperti PDI Perjuangan dan Partai NasDem, namun hanya membawa beberapa bakal caleg-nya dengan beragam kelompok masyarakat mulai dari pengusaha, aktivis, tokoh masyarakat hingga mantan kepala desa.

"Komposisi bakal caleg dari Partai Perindo cukup beragam, sehingga kami optimistis bisa meraih perolehan kursi di DPRD Jember lebih banyak lagi dibandingkan pada Pemilu 2019 yang memperoleh dua kursi," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023