Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur berkolaborasi dengan Pasukan Marinir (Pasmar) 2 Surabaya menjaring atlet muda potensial untuk ajang nasional maupun internasional dalam lomba dayung perahu Majapahit di Long Storage Kalimati Desa Kwatu, Kabupaten Mojokerto, Sabtu.
 
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Mojokerto, Sabtu, mengatakan ada 60 tim peserta yang beradu kecepatan dalam lomba dayung untuk memperingati Hari Jadi Ke-730 Kabupaten Mojokerto dan HUT ke-22 Pasmar 2.
 
"Ini menunjukkan bahwa keberadaan Long Storage Kalimati ini dimanfaatkan betul oleh kita semuanya, dan ini tidak lepas dari peran serta Pasmar 2. Sehingga, kegiatan seperti ini, selain untuk berolahraga juga berdampak pada ekonomi sekitar," katanya.
 
 
Ia meminta penyelenggaraan lomba dayung perahu ini dapat terus ditingkatkan setiap tahunnya dengan tetap mengkolaborasikan potensi yang ada, baik olahraga, budaya maupun pendidikan.
 
"Setelah kegiatan ini kita lakukan evaluasi. Tentu kita akan lakukan pembenahan -pembenahan, apa yang perlu dibenahi, apa yang perlu dicukupi agar Long Storage Kalimati ini ke depannya menjadi pusat pelatihan bagi atlet dayung dan menjadi pusat kegiatan dayung secara nasional maupun internasional," ujarnya
 
Pembukaan lomba dayung perahu kali ini dikemas dengan tema kebudayaan, dengan menggunakan baju adat khas Majapahit yang dikolaborasikan dengan olahraga. Dengan demikian, menegaskan bahwa Kabupaten Mojokerto sangat menjunjung tinggi kebesaran kerajaan Majapahit, selaras dengan city branding-nya, yakni Full of Majapahit Greatness.
 
 
Dalam kegiatan ini, Bupati Ikfina juga menyerahkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh atlet dan ofisial lomba dayung perahu sebagai bentuk kepedulian Pemkab Mojokerto terhadap para atlet muda dan ofisial.
 
Lomba dayung ini diikuti dari golongan TNI - Polri, pelajar dan umum. Pembukaan lomba dayung perahu ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon yang disaksikan Forkopimda Kabupaten Mojokerto dan Komandan Pasukan Marinir 2 yang diwakili Komandan Resimen Kavaleri (Danmenkav) 2 Marinir Muhammad Rizal. Hadir pula para Asisten, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa Kwatu, dan Kepala Desa Leminggir.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023