Personel gabungan TNI Polri meningkatkan pengamanan pada destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada masa puncak libur perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik di Kabupaten Malang, Minggu mengatakan bahwa Polres Malang bersinergi dengan Kodim 0818 Malang-Batu untuk melaksanakan patroli dan pengamanan destinasi wisata guna memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

"Kami bersinergi dengan TNI melakukan pengamanan dan patroli bersama di beberapa tempat wisata, baik di Pantai Selatan Malang maupun objek wisata lain di seluruh wilayah Kabupaten Malang," kata Taufik.

Taufik menjelaskan, pada masa akhir rangkaian libur Lebaran 2023 kali ini, sejumlah destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Malang dipastikan akan mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

Sehingga, lanjutnya, personel gabungan juga perlu meningkatkan pengamanan dan pelayanan untuk memastikan kenyamanan wisatawan yang saat ini menghabiskan masa liburan bersama keluarga atau kerabat.

Ia menambahkan, personel gabungan tersebut ditugaskan pada sejumlah destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Malang, seperti Pantai Balekambang, Pantai Kondang Merak, dan destinasi lainnya seperti air terjun Coban Sewu di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Menurutnya, pengunjung tempat wisata mengalami peningkatan pesat pada momen libur Lebaran, sehingga Polres Malang bersinergi dengan Kodim 0818 Malang-Batu termasuk polsek dan koramil jajaran melaksanakan patroli ke sejumlah lokasi wisata.

"Patroli dan pengamanan di tempat wisata sangat penting dalam rangka mencegah gangguan Kamtibmas maupun kriminalitas, serta memastikan keselamatan masyarakat yang sedang berlibur di wilayah Kabupaten Malang," katanya.

Sebanyak 300 personel gabungan yang bertugas di sejumlah destinasi wisata itu, juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mengikuti aturan dan ketentuan selama berada di destinasi wisata untuk menjamin keselamatan pengunjung.

"Para pengunjung diminta untuk lebih memperhatikan keselamatan saat mandi atau berenang di pantai, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang mencatat ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan khususnya di sejumlah pantai yang ada di wilayah Malang bagian selatan. Peningkatan jumlah kunjungan itu berkisar antara 1.500 hingga 2.000 wisatawan per hari.

Pada arus mudik libur perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah kali ini, diperkirakan akan ada sebanyak 123,8 juta orang yang melakukan mudik ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur dan Malang Raya.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023