Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) belajar memahami peran jabatan fungsional melalui webinar ASN Belajar Seri 14 yang digelar secara daring.

Dalam webinar bertema "Jabatan Fungsional Sebagai Investasi SDM Bagi Organisasi Masa Depan" mengundang dua narasumber yakni Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN Drs. Haryomo Dwi Putranto, M.Hum., dan Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaan Sumber Daya Manusia Aparatur, Kemenpar-RB Aba Subagja, S.Sos.

Dalam pembukaan kegiatan pada Selasa, Sekretaris Utama BKN, Imas Sukmariah, S.Sos, M.AP., sebagai keynote speaker, menjelaskan bahwa BPSDM telah memberikan banyak materi untuk ASN yang dapat diterapkan di lingkungan dalam memberikan pelayanan di masyarakat.

"Begitu pun dengan tujuan webinar kali ini, yaitu agar sobat ASN bisa terus belajar dan memahami peran jabatan fungsional, sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemerintahan sebagai fungsi penyederhanaan dalam birokrasi," katanya.

Webinar ini digelar untuk sobat ASN supaya bisa lebih memahami sistem kerja jabatan fungsional agar sumber daya manusia bisa lebih baik di masa depan.

"Ada tantangan baru dalam berkarier dalam jabatan fungsional, karena ada evolusi terhadap ASN di masa kini dan masa mendatang. Ke depannya pekerjaan itu akan didesain agar bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja sepanjang kinerjanya jelas dan ada output yang baik," kata Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN Drs. Haryomo Dwi Putranto.

Sementara itu asisten deputi perancangan jabatan, perencanaan, dan pengadaan SDM Aparatur Kemenpan-RB, Aba Subagja, menambahkan bahwa transformasi jabatan fungsional adalah selain ASN sebagai profesi, juga bentuk penyederhanaan birokrasi pemerintah.

"Dan adanya instansi pembina berperan sebagai pengelola jabatan fungsional yang menjadi tanggung jawabnya untuk menjamin terwujudnya standar kualitas dan profesionalitas jabatan," ujarnya.

Materi yang telah disuguhkan dengan menarik memantik antusias para sobat ASN yang hadir untuk melakukan diskusi menarik dan interaktif dengan para narasumber.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023