Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan setiap warga yang akan melaksanakan mudik Lebaran 2023 wajib mengajukan laporan kepada pengurus RW di setiap wilayah tempat tinggalnya untuk mempermudah langkah pengawasan, melalui "Jogo Kampung Mandiri".

"Jadi kalau mau pulang kampung lapor ke RW-nya. Sudah kami sampaikan jadi masing-masing melaksanakan 'Jogo Kampung Mandiri'," kata Cak Eri, sapaan akrabnya, Sabtu.

Setiap ketua RW nantinya bakal melaksanakan pendataan nama-nama warganya yang melaksanakan mudik Lebaran.

Setelah dicatat oleh ketua RW, nama-nama warga yang melaksanakan mudik akan dilaporkan kepada masing-masing pihak kelurahan.

Kemudian, pihak kelurahan bakal menerjunkan tim untuk membantu warga menjalankan pengawasan dan pengamanan wilayah permukiman penduduk pada Lebaran 2023.

Eri menyebut pengawasan dan pengamanan melalui "Jogo Kampung Mandiri" juga akan dibantu oleh petugas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, salah satunya dengan menerjunkan petugas dari jajaran Satpol PP setempat. Tim itu akan berkeliling menyisir wilayah permukiman.

"Laporan warga mudik disampaikan ke kelurahan. Karena ada patroli dengan teman Satpol PP, anggotanya kami jalankan," katanya.

Petugas "Jogo Kampung Mandiri" selain dari pemkot dan Ketua RW, juga rencananya akan diisi oleh setiap warga yang tidak mudik.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023