Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember memastikan stok darah aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

"PMI bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dalam program Jember Berbagi keliling ke sejumlah masjid-masjid di beberapa kecamatan untuk menggencarkan kegiatan donor darah agar stok darah tercukupi," kata Ketua PMI Jember M Thamrin pada Kamis.

Menurutnya, kegiatan Jember Berbagi yang selalu dihadiri Bupati Jember Hendy Siswanto bersama jajarannya organisasi perangkat daerah juga diselingi dengan kegiatan donor darah.

"Mudah mudahan membawa berkah di Bulan Ramadhan karena donor darah banyak manfaatnya, di antaranya orang yang donor selalu bahagia karena telah mendonorkan darahnya untuk orang lain," kata Thamrin.

Ia menjelaskan donor darah banyak manfaatnya bagi tubuh manusia, diantaranya bisa menurunkan berat badan, awet muda, dan bisa berbagi dengan sesama manusia.

"Selama Ramadhan kami terus bergerak menggelar serangkaian kegiatan donor darah di malam hari usai umat Muslim menjalankan Shalat Tarawih di sejumlah masjid," katanya.

Thamrin mengatakan pihaknya terus berusaha mencukupi kebutuhan stok darah, jangan sampai stok darah di Kabupaten Jember habis karena PMI Jember melayani tujuh kabupaten yakni Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

"Alhamdulillah antusias masyarakat untuk berdonor cukup tinggi, namun sayang terkadang tertolak dan tidak lolos skrining," ujarnya.

Berdasarkan data informasi stok darah yang disampaikan Humas PMI Jember, hingga Kamis pukul 09.13 WIB tercatat golongan darah A komponen darah WB sebanyak 8 kantong, PRC sebanyak 127 kantong, TC sebanyak 14 kantong, dan FFP sebanyak 14 kantong.

Sedangkan, golongan darah B komponen darah WB sebanyak 3 kantong, PRC 257 kantong, TC kosong, dan FFP sebanyak 13 Kantong.

Untuk golongan darah AB jenis komponen darah WB tercatat 2 kantong, 76 kantong PRC, 1 kantong TC, da 4 kantong FFP. Kemudian golongan darah O jenis komponen darah WB sebanyak 6 kantong, 215 kantong PRC, 8 kantong TC, dan 24 kantong FFP.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023