Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur mulai menyediakan layanan drive thru penukaran uang melalui program "Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri" (Serambi) 2023, mulai 25 Maret hingga 16 April 2023.

"Layanan drive thru orang bisa pakai motor mobil ditukarkan dengan satu paket maksimum Rp3,8 juta," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto kepada wartawan, Sabtu.

Layanan penukaran uang itu dibuka di halaman kantor Bank Indonesia Jawa Timur yang berlokasi di Jalan Pahlawan, Surabaya setiap hari Sabtu dan Minggu.

Per harinya petugas di sana akan melayani maksimal 1.000 penukaran uang yang dibagi menjadi dua sesi, yakni pukul 09.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB dan pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Budi menyebut Bank Indonesia memang sengaja membuka layanan itu untuk menjamin masyarakat mendapatkan keseimbangan nominal saat proses penukaran.

Terlebih ketika mendekati momen Idul Fitri, masyarakat di Indonesia banyak yang membutuhkan uang dalam bentuk pecahan dengan nilai tertentu. 

"Jadi jangan sekali-kali melakukan penukaran di tempat yang tidak resmi, berbiaya, dan beresiko uang palsu. Kedua, beresiko salah hitung, kalau disini semua aman," ujarnya.

Kantor Perwakilan BI Jawa Timur juga bekerjasama dengan sejumlah perusahaan perbankan atau bank untuk membuka 500 titik pelayanan penukaran uang di Jawa Timur.

Loket penukaran di masing-masing perusahaan perbankan buka setiap Selasa hingga Kamis, mulai pukul 08.30 WIB hingga 11.30 WIB.

"Sedangkan di BPR (Bank Perkreditan Rakyat) buka setiap Senin dan Jumat pukul 08.30 s.d 11.30 WIB," katanya.

Mekanisme penukaran uang melalui program "Serambi 2023" juga bisa dilakukan dengan menggunakan QRIS.

"Jadi, seumpama tidak membawa uang tunai dan hanya membawa handphone, bisa menggunakan metode pembayaran melalui QRIS," ucap dia.

Pemenuhan kebutuhan uang di Jawa Timur pada tahun 2023 mencapai Rp24,5 triliun atau meningkat 8,4 persen ketimbang tahun 2022 yang sebesar Rp22,6 triliun.

Peningkatan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti perbaikan pertumbuhan ekonomi, mobilitas masyarakat, dan kegiatan mudik jelang Idul Fitri 2023.

Kemudian dari jumlah Rp24,5 triliun itu, Kota Surabaya mendapatkan porsi sebesar Rp 12,6 triliun atau 11,5 dari tahun sebelumnya.

Anggota DPR RI Indah Kurnia menambahkan langkah BI Jawa Timur membuka program layanan penukaran uang melalui sistem drive thru merupakan langkah tepat, sebab cara itu memberikan kemudahan dan jaminan keamanan penukaran uang bagi masyarakat, khususnya warga Kota Surabaya.

"Tentunya kami sebagai mitra bank Indonesia semakin bangga dan cinta kepada Republik Indonesia ,karena perlakuan yang sangat luar biasa kepada uang rupiah," ujarnya.

Pantauan di lokasi, layanan drive thru penukaran uang yang dibuka BI Provinsi Jawa Timur menyedot animo besar dari masyarakat.

Warga sudah memadati Jalan Pahlawan sejak pagi hari, pihak BI Jawa Timur menyediakan jalur khusus bagi para pengguna roda dua.

Jalur khusus yang disediakan untuk penukaran uang diberikan partisi atau pemisah dengan rantai berwarna kuning.

Sejumlah pengendara roda dua juga ada yang sudah berada di dalam pelataran gedung, sebelum masuk mereka mendapatkan cap khusus dari petugas, sebab satu orang hanya bisa melakukan penukaran sekali dalam sehari.

Salah seorang warga Febri Dedi Setiawan mengaku sengaja datang jauh-jauh dari Mojokerto lantaran ingin menukarkan sejumlah uang yang dimilikinya.

"Aku tahu dari media sosial, datang ke sini menukarkan uang. Syaratnya cuma bawa uang sama KTP saja," ujar dia.(*)

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023