Pemerintah Kabupaten Trenggalek mengumumkan sembilan aparatur sipil negara peserta ASN Idol 2023 yang memenangi ajang adu gagasan dan inovasi pelayanan publik di lingkup birokrasi setempat, karena dinilai memiliki konsep terbaik serta efisien untuk diaplikasikan.

Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhamad Natanegara, Senin, mengekspresikan kebanggaannya atas banyak program inovasi pembangunan maupun dalam hal pelayanan publik yang ditawarkan peserta ASN Idol 2023.

Menurutnya, konsep-konsep yang dirancang para calon pejabat eselon itu bagus-bagus. Ia pun berharap semua inovasi tersebut bisa dirumuskan untuk menjadi program kerja yang bisa menstimulasi percepatan pembangunan di daerahnya.

"Saya titip pesan kepada seluruh peserta ASN Idol tahun 2023 untuk tetap memberikan ide gagasan terbaik kepada Kabupaten Trenggalek yang kemudian mampu untuk selalu berkembang melaksanakan kinerja terbaik dengan cerdas tuntas dan ikhlas," katanya.

Lewat ajang khusus yang dinamakan ASN Idol itu, Mas Syah berharap dapat melahirkan pemimpin berkualitas sesuai dengan harapan masyarakat.

Pasalnya, para peserta akan menjabarkan program sesuai dengan tema masing-masing melalui pemaparan video yang akan dinilai langsung oleh masyarakat melalui komentar dan penilaian voting.

"Kami berharap dapat menemukan solusi gagasan mengenai pelayanan kepada masyarakat. Bukan hanya sekadar wacana dan rencana, semuanya harus berdasarkan isu strategis yang dapat menunjang tercapainya visi misi Kabupaten Trenggalek," ujarnya.

Syah meyakini ASN Idol 2023 di daerahnya merupakan ASN bersahaja dan penuh manfaat bagi keberlangsungan roda pemerintahan.

Utamanya dalam gagasan atau ide dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Untuk itu Mas Syah berharap ASN di Trenggalek terus memupuk kreativitas peningkatan pelayanan masyarakat.

Dipaparkan, ada beberapa tema yang dipaparkan. Di antaranya pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian alam atau pelestarian lingkungan, cara hebat dalam rangka mewujudkan pendekatan pelayanan masyarakat hingga bagaimana upaya mengenali permasalahan, membaca dan menerjemahkan dengan baik serta merangkum dalam sebuah konsep kolaboratif dengan biaya murah.

Sementara untuk pemenang ASN Idol Kabupaten Trenggalek tahun 2023 untuk kategori pelestarian alam atau kelestarian lingkungan "Best Discover" diraih oleh Heri Yulianto. Sedangkan untuk kategori "Best Design" diraih oleh Iwan Sigit Badawi, sedangkan untuk "Best Deliver" diraih oleh Atik Sulasmi.

Kemudian untuk kategori mendekatkan pelayanan kepada masyarakat "Best Discover" diberikan kepada Sujatmiko, "Best Design" kepada Rulik Tri Anggraini dan "Best Deliver" kepada Edi Santoso.

Sedangkan untuk kategori pengentasan kemiskinan ekstrem "Best Discover" diberikan kepada Chistina Ambarwati Soemarno. "Best Design" kepada Imam Nurhadi dan "Best Deliver" kepada Habib Solehudin.

Untuk terbaik pilihan masyarakat kategori pelestarian alam atau kelestarian lingkungan diberikan kepada Wijiono.

Kategori mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Budi Supriyanto dan kategori pengentasan kemiskinan ekstrem, Mohammad Jafar Said.

Dalam tata pemerintahan di lingkup Pemkab Trenggalek, ajang ASN Idol digelar sebagai sarana peserta sebelum ikut lelang jabatan eselon II. Kandidat terbaik akan mendapat nilai tambahan dalam proses pengisian kekosongan jabatan.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023