Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meraih penghargaan sebagai Gubernur Peduli Kesejahteraan Aparatur Desa, yang diterima dalam peringatan 9 tahun UU desa pada  Hari Desa Nasional di  Jakarta, Minggu.

Mantan Menteri Sosial itu mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut. Sekaligus memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para kepala dan perangkat desa serta  masyarakat atas kerja keras yang telah dilakukan dalam memperkuat ketahanan ekonomi.

"Hal ini juga selaras dengan prioritas pembangunan Pemprov Jatim yang fokus untuk membentuk desa mandiri dan berdaya," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Minggu.

Menurutnya penghargaan ini diraih tak lepas dari pencapaian status desa mandiri hingga mencapai 1.490 desa di Jatim per Juli 2022. Pencapaian tersebut merupakan yang terbanyak secara nasional. 

Tercatat jumlah desa mandiri di Jatim pada 2022 menunjukkan kenaikan yang signifikan dibanding tahun 2021 yang saat itu hanya ada 697 desa. Artinya, dari total 6.238 desa mandiri di Indonesia, sebanyak 23,88 persen atau 1.490 desa mandiri berada di Jatim. 

"Alhamdulillah capaian ini adalah hasil dari kerja keras dan komitmen kita semuanya untuk meningkatkan kualitas pembangunan pedesaan," ujarnya.

Khofifah memastikan Pemprov Jatim ke depan akan terus mengoptimalkan berbagai program untuk pembangunan di tingkat desa. Terutama dalam memberikan penguatan  digitalisasi yang semakin pesat.

Menurutnya potensi pedesaan di Jatim sangat besar yang dapat dikembangkan lagi menjadi lebih mandiri sesuai dengan kemampuan masyarakatnya. 

"Mari kita sama-sama berkolaborasi membangun strong partnership untuk menjadikan desa di Jatim lebih maju mandiri  dan berdaya," ucapnya.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023