Bupati Situbondo Karna Suswandi menerima penghargaan Africa Van Java Award 2023 sebagai tokoh pelopor pembangunan infrastruktur untuk pengembangan pariwisata yang saat ini dikenal kawasan Wisata Merak Baluran Situbondo, Rabu.

"Masyarakat Situbondo patut berbangga karena punya figur yang bisa dijadikan contoh. Bupati Karna Suswandi mempunyai ide-ide kreatif yang telah dilakukan secara nyata, yakni pengembangan pariwisata di kawasan Taman Nasional Baluran," kata Direktur Jawa Pos Radar Banyuwangi Samsudin Adlawi usai menyerahkan penghargaan kepada bupati di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jatim.

Menurut dia, keberanian Bupati Situbondo Karna Suswandi membuka dan membangun akses jalan menuju Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, patut mendapat penghargaan.

Karena, pembangunan infrastruktur jalan itu selain pengembangan Wisata Merak Baluran juga untuk kesejahteraan masyarakat di Dusun Labuhan Merak, dan peningkatan perekonomian warga dari dampak akses yang layak.

"Seorang pemimpin memilih pengembangan pariwisata itu sangat tepat, karena dari wisata itu akan banyak pengunjung dan peredaran uang makin banyak, sehingga secara bersamaan naik pula pertumbuhan ekonomi di masyarakat," ujar Samsudin.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengucapkan terima kasih atas penghargaan Africa Van Java Aword Tahun 2023 itu.

"Atas nama pemerintah daerah dan atas nama pribadi saya ucapkan terima kasih kepada Jawa Pos Radar Situbondo/Banyuwangi yang telah memberikan penghargaan kepada orang-orang yang berjasa dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Situbondo," kata dia.

Selain mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pelopor pembangunan infrastruktur, Bupati Karna Suswandi juga menerima penghargaan sebagai tokoh pendorong kesejahteraan guru ngaji dan guru minggu, serta sebagai tokoh yang peduli pertanian dalam program penyaluran pupuk gratis kepada petani.

Dalam pemberian penghargaan Africa Van Java Award 2023 ini, juga terdapat puluhan orang lainnya dari individu dan lembaga menerima penghargaan karena turut berjasa mendukung program pembangunan di Kabupaten Situbondo.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023