Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, membangkitkan potensi ekonomi wilayah pesisir di kabupaten setempat.

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor di Sidoarjo, Senin mengatakan wilayah pesisir Sidoarjo, membentang di enam kecamatan di wilayah bagian timur Sidoarjo yang memiliki potensi perikanan sangat besar.
 
"Pemkab Sidoarjo menyambut hadirnya PPNS di Kabupaten Sidoarjo. Kira-kira saja kendalanya nanti, bisa koordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait," katanya saat penandatanganan nota kesepahaman PPNS dengan Pemkab Sidoarjo.
 
Ia mengatakan, kerja sama ini menjadi terobosan yang baik dalam pembangunan di Kabupaten Sidoarjo.
 
"Kami meminta setelah penandatanganan kerja sama ini OPD terkait untuk mendampingi dan memfasilitasi pembangunan PPNS di Sidoarjo," ucapnya.
 
Direktur PPNS Eko Julianto selaku pimpinan rombongan PPNS, menyampaikan maksud dan tujuannya menjalin kerja sama dengan Pemkab Sidoarjo untuk memohon izin pimpinan daerah.
 
"Saya berterima kasih bisa berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Kalau hari ini bisa dapat izin untuk selanjutnya kami bisa langsung bergerak," tuturnya.
 
Ia juga mengungkapkan keinginan PPNS untuk turut membangun Sidoarjo, baik dari segi kependidikan maupun pembangunannya.
 
Menurutnya, hal yang paling penting PPNS merencanakan membuat kampus di Sidoarjo dan yang menjadi pilihan adalah yang dekat dengan laut.
 
"PPNS mohon izin kepada Bupati Sidoarjo mendukung pembangunan kampus tersebut. Luas area untuk kebutuhan pembangunan kampus lebih kurang 2 hektare," ucapnya.
 
Ia menambahkan, kerja sama ini membawa harapan besar bagi Pemkab Sidoarjo untuk turut berpartisipasi aktif dalam pembangunan.
 
"Selain itu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi Pemkab Sidoarjo, seperti masalah banjir, kelautan, hingga menggeliatkan kembali pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023