Pemerintah Kota Kediri, mendorong semua klinik di kota ini memberikan layanan yang bermutu, dengan memiliki tata kelola yang baik serta dapat memenuhi standar pelayanan, sehingga harus terakreditasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Fauzan Adima di Kediri, Rabu, mengatakan kebijakan akreditasi tersebut sebagai upaya menjamin mutu fasilitas kesehatan. Dengan demikian, masyarakat juga semakin percaya pada layanan yang diberikan.

"Kebijakan akreditasi ini untuk penjaminan mutu fasilitas kesehatan, karena yang dilayani adalah masyarakat. Dengan standar mutu, tentu akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan jasa yang diberikan," katanya.

Pihaknya juga sudah sosialisasi terkait dengan akreditasi tersebut. Sosialisasi melibatkan surveyor akreditasi, Betty Sunarisasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. Terdapat 43 klinik yang ada di Kota Kediri dilibatkan dalam sosialisasi, baik klinik rawat jalan, rawat inap, klinik pratama maupun klinik utama.

Setelah dilakukan sosialisasi dengan melibatkan pengelola klinik, kata dia, segera sosialisasi dan monitoring indeks nasional mutu yang bisa diisi mandiri oleh klinik.

Selain itu, pihaknya juga tetap akan melakukan pendampingan selama proses akreditasi.

"Pada pekan ini, kami lakukan monitoring untuk melihat apakah klinik tersebut sudah tervalidasi atau belum, karena itu juga salah satu syarat akreditasi. Kami juga punya tim klaster binaan yang akan membina klinik selama proses akreditasi. Kita lihat apa saja sarana prasarana yang sudah ada di situ," ujar dia.
Fauzan mengatakan sebuah klinik bisa terakreditasi jika memenuhi persyaratan, seperti kepemimpinan dan manajemen fasilitas kesehatan, layanan klinik yang berorientasi pada pasien, manajemen penunjang layanan klinis, peningkatan mutu dan keselamatan pasien.

"Semoga semua klinik bisa terakreditasi sebagai bukti jaminan mutu operasional klinik tersebut. Selain itu, klinik juga harus mematuhi apa yang menjadi ketentuan, seperti pengisian laporan, membangun jejaring dengan Puskesmas setempat dan Dinas Kesehatan dalam melaksanakan program-program nasional. Kami mendorong klinik untuk melakukan akreditasi untuk peningkatan mutu pelayanan," kata Fauzan Adima.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023