Pemerintah Kota Kediri kembali menggulirkan dana bantuan yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023 sehingga Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kediri, juga dipadati bagi pemilik usaha.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kediri Edi Darmasto mengemukakan bagi pelaku usaha yang hendak mengajukan dana bantuan itu harus mempunyai Nomor Induk Berusaha Risk Based Approach (NIB RBA).

"Sejak pekan lalu peningkatan penerbitan NIB RBA di Kota Kediri luar biasa. Setidaknya dalam sehari DPMPTSP dapat menerbitkan kurang lebih 200 NIB RBA. Jumlah ini belum termasuk yang mendaftar mandiri secara daring," kata Kepala DPMPTSP Kota Kediri Edi Darmasto di Kediri, Senin.

Pihaknya memberikan nomor antrean untuk warga yang mengajukan NIB RBA tersebut. Namun, karena antrean, akhirnya pengambilan nomor antrean diberikan terlebih dulu beberapa hari sebelumnya.

Edi mengungkapkan bahwa adanya nomor antrean bertujuan agar pengurusan NIB RBA di DPMPTSP dapat lebih efisien, tertib dan pelaku usaha tidak perlu menunggu terlalu lama.

"Hingga hari ini, nomor antrean yang dikeluarkan telah mencakup pelayanan hingga minggu depan. Jadi jika akan mengambil nomor antrian harus siap menunggu tanggal pembuatan yang akan ditetapkan oleh petugas," kata dia.

Pihaknya juga menyarankan para pelaku usaha yang ingin mencari NIB RBA dapat melakukannya secara daring dengan mengakses www.oss.go.id.

Melalui laman tersebut pemohon terlebih dahulu harus membuat akun, lalu login. Pemohon akan memperoleh formulir dan dapat mengikuti arahan sesuai sistem.

"Cara mendapatkan NIB RBA secara daring sebenarnya sangat mudah, cepat dan dapat dilakukan dimana saja. Jika melek teknologi sedikit saja, pasti siapapun bisa," ujar dia.

Sementara itu, berdasarkan data dari OSS RBA sejak tanggal 31 Januari 2023 hingga 5 Februari 2023, jumlah NIB RBA di Kota Kediri yang telah diterbitkan mencapai 2.785 NIB RBA.

Jumlah ini termasuk yang mendaftar mandiri secara daring yang tercatat pada hari kerja Senin hingga Jumat yaitu tanggal 31 Januari 2023 terdaftar 354 NIB RBA, tanggal 1 Februari 2023 terdaftar 517 NIB RBA, tanggal 2 Februari 2023 terdaftar 530 NIB RBA, tanggal 3 Februari 2023 terdaftar 742 NIB RBA sedangkan di akhir pekan terdaftar 642 NIB RBA.

Pihaknya juga menilai warga Kota Kediri sudah jauh lebih terbuka dan paham dengan teknologi menyusul tingginya animo untuk daftar daring.

"Melihat jumlah-jumlah ini, saya yakin banyak masyarakat Kota Kediri yang sudah melek teknologi dan mampu untuk mendaftar mandiri secara daring," ucap dia.

Pemkot Kediri kembali memberikan bantuan modal usaha yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023 untuk para pelaku usaha.

Tahun 2022, program ini diberikan kepada 1.343 penerima yang merupakan pemilik usaha warga Kota Kediri.

Jumlah bantuan modal usaha yang diterima setiap orang berbeda-beda, tergantung usahanya. Maksimal Rp10 juta bantuan diberikan oleh pemkot.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023