Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat menggelar kegiatan Direct Promotion ke Surabaya dan Malang untuk menarik minat wisatawan lokal berwisata ke daerah tersebut.

"Direct Promotion merupakan salah satu program mandiri dari PHRI Jabar Bidang Restoran dan Pemasaran dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Barat," kata Ketua Bidang Restoran dan Pemasaran PHRI Jabar, Derry Septiadi di Surabaya, Selasa.

Derry menjelaskan, sebelum adanya Pandemi COVID-19, program Direct Promotion dilaksanakan dengan menggandeng Dinas Pariwisata. Namun saat pandemi melanda, program tersebut dihentikan.

"Pada tahun 2022-2023 dana promosi dikurangi, akhirnya kami membuat program dengan usaha mandiri yakni PHRI saja," kata dia.

Surabaya merupakan kota kedua yang menjadi tempat digelarnya Direct Promotion. Sebelumnya PHRI Jabar telah melaksanakan kegiatan serupa di Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 5-9 Desember 2022.

"Program ini menyasar enam kota di Indonesia, yakni Palembang, Yogyakarta, Padang, Makassar, Pekanbaru, dan Pontianak. Program ini juga menyasar Malaysia, karena sebelum pandemi, wisatawan dari Malaysia dan Singapura cukup banyak berkunjung ke Bandung," ujarnya.

Derry memaparkan wisatawan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah cukup banyak yang berkunjung ke Jabar. "Wisatawan dari Jatim dan Jateng cukup banyak selain Jakarta, angkanya mencapai 60 persen," ujarnya.

Menurut dia, banyaknya wisatawan dari daerah tersebut karena terbantu dengan adanya jalan tol. Meski begitu, PHRI Jabar berharap penerbangan dari Bandung ke Surabaya secara langsung segera dibuka.

"Ini saja kami kalau mau ke Surabaya harus transit dulu ke Jakarta. Kami berharap penerbangan langsung segera dibuka karena PPKM sudah dicabut juga," kata dia.

Selain itu, PHRI Jabar juga berharap adanya penerbangan langsung dari Bandung ke Malaysia atau Singapura, mengingat cukup banyak wisatawan yang berasal dari dua negara tersebut.

"Oleh karena itu, kami akan ke Malaysia untuk mempromosikan pariwisata di Jabar. Sebab di Jabar utamanya di Bandung Raya muncul banyak destinasi wisata baru," tutur Derry.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023