Pemerintah Kota (Pemkot) Malang di Provinsi Jawa Timur menyerahkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan kepada instansi, tenaga kesehatan, dan sukarelawan yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

"Mudah-mudahan ini akan memicu dan memacu terus upaya dan usaha kita untuk menyejahterakan dan menyehatkan masyarakat," kata Wali Kota Malang Sutiaji di Kota Malang, Senin.

Ia menjelaskan bahwa ada 50 penghargaan yang diberikan kepada instansi, tenaga kesehatan, dan sukarelawan yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Penghargaan antara lain diberikan kepada Dinas Kesehatan Kota Malang, puskesmas-puskesmas di Kota Malang, dan Rumah Sakit Islam Malang (UNISMA).

Selain itu, penghargaan dari Kementerian Kesehatan diberikan kepada Rumah Sakit Lavalette, Poltekes Kemenkes Malang, Perkumpulan Ikatan Luhur Nusantara (ILUNA), serta kepada 29 sukarelawan ILUNA.

"Kami ucapkan terima kasih kepada para nakes, para kelompok masyarakat, dalam hal ini teman-teman ILUNA, yang telah membangun kebersamaan kita untuk bagaimana melindungi dan mitigasi saudara-saudara kita supaya tidak terpapar COVID-19," kata Sutiaji.

Wali Kota mengemukakan pentingnya kolaborasi dalam upaya meningkatkan kekebalan kelompok terhadap COVID-19.

"Itu semua bisa dicapai bukan hanya kerja pemerintah saja, tapi inilah kerja-kerja bareng, kolaborasi," katanya.

Dia berharap kolaborasi dalam upaya penanggulangan COVID-19 tetap berlanjut setelah penghentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan masa transisi dari pandemi menuju endemi.

"Saat ini PPKM sudah dicabut, dan mudah-mudahan pandemi bisa segera menjadi endemi, dan kita akan bergerak seperti sebelum pandemi. Kita berharap kolaborasi ini akan terus menerus kita kuatkan," katanya.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023