PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Situbondo tak berhenti memperkenalkan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan dapat mengurangi emisi karbon bila dibandingkan kendaraan menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Asisten Manajaer Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan pada Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Situbondo, Rizki Adipratama di Situbondo, Senin, mengatakan bahwa kendaraan listrik selain ramah lingkungan juga lebih hemat.

"Contohnya kami menggunakan mobil listrik dari Situbondo ke Surabaya, sejauh 212 kilometer hanya cukup mengisi daya listrik Rp60.000. Lebih hemat dibandingkan menggunakan BBM pertamax Rp300.000 (pergi saja). Jadi, kalau pergi pulang (PP) pakai mobil listrik cukup Rp120.000," kata dia.

Menurut Rizki, untuk mengenalkan kendaraan listrik (motor, mobil, sepeda listrik) PLN UP3 Situbondo sebelumnya juga telah melakukan konvoi bersama berkeliling kawasan perkotaan.

"Tentunya kami dari karyawan PLN juga contoh menggunakan motor listrik dan di Situbondo juga sudah ada komunitas motor listrik. Kalau dari karyawan PLN UP3 Situbondo sendiri sampai sekarang yang mengawali menggunakan motor listrik ada 40 orang," ujar dia.
 
Motor listrik mengisi daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Situbondo. ANTARA/Novi Husdinariyanto


PLN UP3 Situbondo juga telah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mobil dan motor untuk pengisian daya listrik atau isi baterai kendaraan listrik.

"SPKLU mobil listrik kami sediakan di kantor kami, termasuk untuk motor listrik. Tapi pengisian daya listrik untuk mobil maupun motor belum bisa tukar baterai langsung atau normal. Ke depan tentunya kami siapkan," ujar dia.

Informasi yang dihimpun, motor listrik mampu menempuh jarak sejauh 60 kilometer, tapi tergantung kapasitas baterai di setiap jenis motor listrik.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang energi, punya 
tanggung jawab besar dalam melayani kelistrikan di Tanah Air.

Selaras dengan misi besarnya untuk terus berkomitmen dan berinovasi menerangi dan menggerakkan negeri. PLN juga memiliki misi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, dan PLN bergerak menjadi pilihan nomor satu pelanggan untuk solusi energi.

PLN mengusung agenda transformasi dengan aspirasi hijau (green), ramping (lean), inovatif (innovative) dan fokus kepada pelanggan (customer focused) demi menghadirkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik. 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023