Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan perayaan malam Tahun Baru 2023 di Kota Pahlawan, Jawa Timur, pada Sabtu (31/12/2022) malam hingga Minggu (1/12023) dini hari berlangsung aman dan terkendali.

"Alhamdulillah semua bekerja sama dalam menjaga perbatasan kota. Polres Tanjung Perak dengan Polres Bangkalan sudah dijaga bersama-sama. Begitu juga Bundaran Waru, kami melakukan bersama-sama dengan Sidoarjo," kata Eri Cahyadi melalui keterangan tertulisnya di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Surabaya telah melakukan patroli dengan mengunjungi beberapa Pos Pengamanan di Kota Pahlawan. Peninjauan Pos tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan dalam menghadapi antusias masyarakat Kota Surabaya saat malam pergantian tahun.

Peninjauan dilakukan di Pos Pengamanan Kenjeran dan Pos Bundaran Waru. Total terdapat 25 Pos Pengamanan yang dibangun dan disiagakan oleh Polrestabes Surabaya selama 24 jam. Bahkan, para personel yang bertugas juga berkeliling untuk memperketat penjagaan menjelang detik-detik pergantian tahun.

"Alhamdulillah tidak ada kegiatan kejadian yang negatif," kata Cak Eri, panggilan akrabnya.

Beberapa ruas jalan di Kota Surabaya dilakukan penutupan sejak pukul 18.00 WIB, sedangkan mulai pukul 22.00 WIB pintu masuk di setiap perbatasan Kota Surabaya juga ditutup.

"Harapannya perayaan malam pergantian tahun bisa berjalan dengan kondusif," ucap dia.

Selama pengamanan malam pergantian tahun, lanjut dia, tidak terdapat warga yang terpaksa harus berputar balik.

"Belum ada ya putar balik karena sebenarnya kalau dari arah Sidoarjo sudah ditutup sama Polisi Sidoarjo. Kami telah diskusi sinergitas dengan daerah-daerah di wiliayah Surabaya Raya. Jadi tidak ada yang dikembalikan sampai saat ini karena kelihatan tidak ada kegiatan yang negatif," kata dia.

Pada malam pergantian tahun, kata dia, kondisi Surabaya terpantau aman dan kondusif. Untuk itu, dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Forkopimda Kota Surabaya yang telah berkolaborasi dan bersinergi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di Kota Pahlawan.

"Alhamdulillah kalau kondisi Surabaya aman dan nyaman. Semua menjaga Kota Surabaya ini menjadi kota yang nyaman kondusif," tutur dia.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023