Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jember, Jawa Timur, memantau sejumlah gereja untuk memastikan perayaan Natal 2022 yang digelar umat Kristiani di kabupaten setempat berjalan aman pada Sabtu petang.

Tiga gereja yang didatangi rombongan Bupati Jember Hendy Siswanto, Kapolres Jember  AKBP Hery Purnomo dan Dandim 0824 Letkol Inf Batara C. Pangaribuan yakni GPdI Ekklesia di Jalan PB Sudirman, Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) di Jalan Karimata dan Gereja Santo Yusuf di Jalan Kartini.

"Untuk menciptakan perayaan ibadah Natal berjalan kondusif, serta rasa aman dan nyaman, maka kami menerjunkan ratusan personel untuk melakukan penjagaan di seluruh gereja yang ada di Kabupaten Jember," kata Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo usai meninjau sejumlah gereja di Jember, Sabtu.

Menurutnya, ratusan personel Polres juga dibantu oleh TNI dan Satpol PP dalam pengamanan di semua gereja dan pos pelayanan Natal dan Tahun Baru 2023 yang tersebar di beberapa lokasi.

"Polisi juga melakukan sterilisasi dan penyisiran di sejumlah gereja dengan melibatkan unit K-9 untuk memastikan tidak ada sesuatu yang mencurigakan dan gereja aman untuk perayaan Natal," tuturnya.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan pihak Forkopimda berkeliling mengunjungi gereja untuk memastikan perayaan Misa Natal berjalan lancar karena gereja sudah dijaga aparat pengamanan Polres dan Kodim Jember.

"Harapannya, seluruh jemaat yang tengah melaksanakan ibadah dapat merasa aman, sehingga menjadikan berkah untuk para jemaat pada akhir 2022 menjelang awal 2023," katanya.

Ia mengimbau para jemaat yang melaksanakan ibadah di gereja untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga kalau ada jemaat merasa batuk atau flu, tetap datang saja, tetapi dengan menggunakan masker.

"Nantinya Pemkab Jember juga menyediakan sarana vaksinasi di sejumlah titik gereja, sehingga jemaat yang vaksinnya belum lengkap maka bisa vaksin di gerai yang disediakan," ujarnya.

Jumlah gereja di Kabupaten Jember sebanyak 67 gereja yang tersebar di 31 kecamatan, sehingga personel gabungan yang disiagakan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2023 tercatat sebanyak 511 personel.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022