Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menggelar kegiatan "Loemadjang Mbiyen" yang mengusung tema di era 1930-1960 dalam rangkaian Hari Jadi Lumajang yang digelar di Pabrik Gula Djatiroto pada 23-25 Desember 2022.

"Pelaksanaan Loemdajang Mbiyen tahun ini dikonsep merujuk pada tahun tertentu dengan harapan pelaksanaan kegiatan tahun ini lebih terkonsep dan seragam," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati, Rabu.

Beberapa tampilan zaman dulu dan sejarah lainnya akan ada di Loemdajang Mbiyen tersebut, sehingga masyarakat yang hadir juga diharapkan menggunakan pakaian yang sesuai dengan era 1930 - 1960.

"Namun juga diperbolehkan untuk mengeksplor pakaian yang dikenakan, sehingga tidak menutup kemungkinan masyarakat yang nantinya hadir berkeasi dalam berpakaian atau menggunakan kostumnya," tuturnya.

Dikatakan, Loemadjang Mbiyen nantinya akan dibagi menjadi empat zona yakni pertama, zona heritage yang merupakan zona yang menampilkan bangunan, properti dan aktivitas / kegiatan masyarakat Lumajang pada masa tahun 1930 hingga tahun 1960.

Kemudian kedua, zona pasar rakyat yang merupakan zona yang menampilkan aktivitas / kegiatan jual beli produk/jajanan masyarakat pada masa tahun 1930 hingga tahun 1960.

Ketiga, zona taman hiburan rakyat yang merupakan zona yang berisikan panggung utama, menampilkan kegiatan pembukaan, hiburan kesenian, permainan tradisional rakyat dan stand plat sebagai wahana transportasi keliling area, serta saat penutupan nanti.

Dan terakhir zona jajanan rakyat yang merupakan zona yang menampilkan kegiatan jual beli pedagang kaki lima untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Pembagian zona tersebut bertujuan agar lebih memudahkan masyarakat untuk mengunjungi apa yang ingin dinikmati dan masyarakat akan diajak merasakan suasana yang ada pada era tersebut, apalagi untuk para millenial yang belum tahu bagaimana kondisi masyarakat di era tersebut," ujarnya.

Sementara Dinas Perhubungan Lumajang menyediakan 15 armada angkutan gratis untuk masyarakat yang akan datang ke acara Loemdajang Mbiyen pada Hari Jadi ke-767 Lumajang.

Armada tersebut terdiri dari lima mini bus dengan kapasitas 27 orang dan 10 angkutan dengan kapasitas 16 orang. Sementara untuk jadwal keberangkatan dimulai dari pukul 09.00 WIB di Terminal MPU Kota Lumajang.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Lumajang gelar "Loemadjang Mbiyen" usung era 1930-1960

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022