Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Kediri membantu dana sebesar Rp50 juta untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, sehingga diharapkan bisa meringankan beban para warga terdampak.

"Alhamdulillah Korpri Kota Kediri mengumpulkan dana sebesar Rp50 juta untuk membantu korban bencana gempa yang ada di Cianjur," kata Ketua Korpri Kota Kediri Bagus Alit di Kediri, Kamis.

Ia mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan wujud keprihatinan dari Korpri Kota Kediri atas musibah gempa yang melanda Cianjur beberapa waktu yang lalu.

"Namanya musibah tidak ada yang tahu dan tidak ada yang mengharapkan, namun kita juga tidak boleh putus asa. Sebagai makhluk sosial sudah menjadi kewajiban untuk saling membantu sama lain. Alhamdulillah melalui Korpri diberikan kesempatan tersebut," kata Bagus yang juga Sekretaris Daerah Kota Kediri tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Paulus Luhur Budi Prasetya mengatakan selain bantuan dari Korpri sebesar Rp50 juta tersebut, pihaknya juga akan menyalurkan bantuan hasil donasi dari masyarakat baik berupa uang maupun barang.

"Di posko bantuan Dinas Sosial Kota Kediri sudah terkumpul baik itu dari Korpri, OPD, dan masyarakat serta beberapa logistik seperti bahan pokok, peralatan mandi, keperluan untuk perempuan, makanan ringan dan sebagainya," kata Paulus.

Ia mengatakan, berdasarkan laporan yang pihaknya terima, kebutuhan logistik untuk korban gempa di Cianjur, mayoritas sudah tercukupi namun yang saat ini masih menjadi perhatian adalah ketersediaan hunian sementara (huntara).

"Kami rasa untuk kebutuhan bahan pokok, logistik dan sebagainya sudah cukup terpenuhi berkat bantuan dari pihak-pihak yang lain juga. Namun, keuangan untuk pendirian huntara memang masih sangat diperlukan. Untuk itulah sebagian besar bantuan kami upayakan dalam bentuk uang tunai," ujar Paulus.

Ia juga berterima kasih kepada semua pihak, baik dari Korpri, OPD, hingga masyarakat yang sudah dengan sukarela menyalurkan bantuan kepada korban bencana di Cianjur, Jawa Barat.

"Semoga kondisi disana bisa segera lekas membaik dan kembali normal," ucap Paulus.

Pemkot Kediri mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Bantuan yang terkumpul dan disalurkan itu adalah uang tunai sebesar Rp268.492.400 dan satu truk logistik berupa bahan pokok, makanan, perlengkapan perempuan dan perlengkapan mandi.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022