Kantor BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Bojonegoro merayakan Hari Antikorupsi Sedunia (Harkodia) Tahun 2022 dengan mengusung tema "Indonesia Pulih Bersatu Berantas Korupsi" pada Jumat (9/12/2022).

Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bojonegoro Iman M Amin mengatakan peringatan HarKordia bertujuan membudayakan dan membangun kesadaran tentang budaya antikorupsi yang dimulai dari diri sendiri untuk selalu berkomitmen menjunjung tinggi integritas kejujuran dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

"Kita harus memulai sifat dan sikap antikorupsi mulai dari diri sendiri, keluarga, kemudian lembaga," ujarnya.

Menurut Iman, korupsi adalah kriminal, tidak bermoral, dan pengkhianatan atas kepercayaan publik. Bahkan merusak reputasi lembaga.

Karenanya, Ia mengajak peserta yang hadir melawan korupsi. Salah satu caranya, dengan mengawasi pelayanan BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro, bahwa semua pelayanan di BPJAMSOSTEK adalah gratis tidak dipungut biaya.

"Jika terdapat penyimpangan, kami memiliki whistle blowing system (WBS). Kalau bapak dan ibu menemukan dugaan korupsi, nepotisme, dan gratifikasi, silakan adukan lewat sistem tersebut dengan mengakses wbs.bpjsketenagakerjaan.go.id," kata dia.

Adapun, WBS adalah mekanisme penyampaian pengaduan dugaan tindak pidana tertentu yang telah terjadi atau akan terjadi yang melibatkan pegawai dan orang lain.

Laporan yang disampaikan meliputi dugaan pelanggaran apa, siapa yang bertanggung jawab atau terlibat, dan terkait dengan dugaan pelanggaran tersebut.

Kemudian, dimana tempatnya, kapan waktunya, bagaimana pelanggaran itu dilakukan (modus), dan bukti apa yang memperkuat dugaan tersebut.

"Pelaporan dilakukan secara daring dan identitas pelapor pasti dirahasiakan. Selain itu, sistem akan secara otomatis merekam laporan dan merahasiakan data pelapor. Ini untuk perbaikan pelayanan kami," kata Iman.

Sementara, dalam momentum tersebut, peserta BPJAMSOSTEK yang datang ke Kantor Cabang Bojonegoro diajak menikmati makanan dan minuman gratis, mengikuti kuis dengan pembagian hadiah souvenir, serta menyimak sambutan Direktur Utama dan sosialisasi antikorupsi dari tunas integritas Kantor Cabang Bojonegoro.(*)

 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022