Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, menyatakan berkomitmen mewujudkan pelayanan prima bidang kesehatan untuk seluruh warga setempat, dengan memperkuat komitmen semua pemangku kepentingan.

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Jumat mengatakan, seiring dengan tema Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yakni "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku" diharapkan wilayah tersebut bisa mencapai indeks kesehatan di atas rata-rata.

"Untuk mencapai harapan itu, tentu diperlukan komitmen dan konsistensi dari seluruh pihak baik itu pemerintah maupun para tenaga kesehatan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Malang tanpa terkecuali," kata Didik.

Didik menjelaskan, sejumlah tantangan menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dalam upaya untuk mewujudkan cita-cita pada bidang kesehatan tersebut. Pemerintah Kabupaten Malang berupaya meningkatkan indeks pelayanan maupun penanganan kesehatan untuk masyarakat.

Menurutnya, pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona selama tiga tahun terakhir menjadi salah satu ujian terbesar terkait dengan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan, baik pada tingkat pusat maupun daerah.

"Tema HKN 2022, merupakan bentuk ungkapan bangkitnya semangat dan rasa optimistis seluruh komponen masyarakat. Ini harus dijadikan momentum untuk mewujudkan sistem kesehatan yang lebih kuat," ujarnya.

Ia menambahkan, indeks pembangunan kesehatan di Kabupaten Malang, telah menunjukkan perbaikan yang signifikan. Pada situasi pandemi COVID-19, wilayah itu dapat menekan Angka Kematian Ibu dari 57 kasus pada tahun 2021 menjadi 15 kasus hingga November 2022.

Angka Kematian Bayi pada 2021 sebanyak 72 kasus, turun menjadi 47 kasus hingga November 2022 dan pada kasus gizi buruk, masih perlu dilakukan upaya pencegahan dan penanganan lebih lanjut sebab baru bisa menekan sebanyak 37 kasus dari 45 kasus pada tahun sebelumnya.

"Perlu saya ingatkan kepada Kepala Dinas dan para kepala puskesmas agar mengarahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan masalah kesehatan ini," katanya.

Seiring dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang prima, Pemerintah Kabupaten Malang juga meminta masyarakat untuk bisa mematuhi protokol kesehatan penanganan COVID-19, termasuk mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. (*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022