Salah satu dari tiga lapangan Proyek 3M di Indonesia yakni Lapangan Gas MDA yang dioperasikan oleh Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) telah berproduksi mulai 14 November 2022. 

"Melalui manajemen yang baik, langkah-langkah yang ditargetkan, dan organisasi proyek yang efisien, ladang gas MBH dan MDA telah merealisasikan first oil dengan aman, yang mencerminkan akumulasi dan peningkatan pengalaman operasi proyek perusahaan di luar negeri," kata Deputy General Manager CNOOC Southeast Asia dan General Manager HCML, Kang An dalam keterangan yang diterima di Surabaya, Kamis.

Dia mengatakan proyek ini akan memberikan dukungan yang kuat terhadap pasokan gas alam di Indonesia. Produksi gas alamnya juga akan berfungsi sebagai jaminan untuk kelangsungan produksi yang dijalankan oleh perusahaan milik Pemerintah Indonesia, PKG.

Proyek 3M terletak kurang lebih 75 kilometer sebelah tenggara Pulau Madura tepatnya di Selat Madura, Jawa Timur, dengan kedalaman air rata-rata kurang lebih 80 meter.

Proyek ini berisi tiga lapangan gas dengan total sembilan sumur penghasil gas. Fasilitas produksi utama adalah Floating Production Unit (FPU) yang akan melakukan proses produksi dan pengolahan gas alam. FPU dibangun di China dengan kapasitas desain 175 juta kaki kubik per hari.

"Produksi dua lapangan gas tersebut juga akan mendukung implementasi kebijakan hijau dan rendah karbon HCML, serta memajukan tujuan IOG 4.0 Indonesia. Gas alam proyek 3M juga menjamin pasokan energi untuk listrik dan pupuk lokal," ujar Kang An.

Dia menjelaskan Indonesia memiliki populasi terbesar keempat di dunia dan berfungsi sebagai pintu gerbang transportasi utama antara Asia dan Oseania, Pasifik dan Samudra Hindia.

Selain menjadi ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan anggota G20, Indonesia juga merupakan salah satu anggota pendiri Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Indonesia juga merupakan mitra penting di sepanjang Belt and Road China pada saat yang sama. CNOOC Southeast Asia, sebagai salah satu pemegang saham di proyek 3M secara aktif membangun pola baru dan hasil yang saling menguntungkan dengan negara-negara pemilik sumber daya, dan memajukan kerja sama strategis yang komprehensif antara Indonesia dan China.

Chairman CNOOC Southeast Asia, Wang Guodong mengatakan Indonesia adalah perhentian pertama CNOOC dari jejak luar negerinya, yang secara aktif menerapkan strategi 'terbuka'.

"Setelah lebih dari 20 tahun, Perusahaan terus secara aktif mendukung eksplorasi dan pengembangan minyak dan gas lepas pantai di Indonesia yang berkelanjutan dengan tetap berpegang pada prinsip win-win," ujarnya.

"Perusahaan dengan penuh semangat memajukan strategi hijau dan rendah karbon, memperluas eksplorasi, pengembangan, dan pasokan energi bersih, serta terus menerapkan Inisiatif Belt and Road China," tambahnya.

Sebagai pengendali HCML, berdasarkan keahlian dalam manajemen minyak dan gas serta akumulasi teknologi, perusahaannya memperkuat kerja sama energi internasional di sepanjang Belt and Road.

Pihaknya akan bekerja sama dengan mitra untuk mengembangkan proyek tolok ukur kelas dunia. Ini akan menguntungkan pada konstruksi kolaboratif berkualitas tinggi dari komunitas Indonesia-China dengan masa depan bersama.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022