Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa masuk sebagai 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia versi "The Muslim 500" tahun 2023 oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre. 

Pakar Komunikasi Universitas Airlangga Suko Widodo menilai sangat layak. 

"Mbak Khofifah Indar Parawansa sangat layak menjadi salah satu tokoh muslim berpengaruh di dunia. Sejak menjadi mahasiswa, aktivis, parlemen RI, menteri dan hingga sekarang sebagai Gubernur Jawa Timur selalu melahirkan hal-hal baru bagi perubahan yang lebih baik," katanya saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa. 

Ia menyebut sosok Gubernur Khofifah sebagai penggerak perubahan kemajuan yang inspiratif, selain juga pelopor tokoh politik perempuan di Indonesia. 

"Beliau hadir di tengah-tengah politik dunia yang didominasi laki-laki. Seorang politikus tangguh, cerdas dan sangat santun yang secara konsisten berjuang untuk persamaan hak politik," ujar Sukowi, sapaan akrabnya.

Menurutnya, Khofifah sekaligus sosok guru dan panutan perubahan kemajuan, khususnya bagi kaum perempuan Indonesia. 

Sementara itu, Pakar Politik Universitas Trunojoyo Madura  Surokim Abdussalam menilai Khofifah adalah teladan dalam dunia politik sehingga tidak mengagetkan kalau masuk dalam 500 tokoh muslim berpengaruh dunia. 

"Kalau gak salah tahun lalu beliau juga sudah dapat. Saya pikir itu tidak lepas dari peran beliau yang masih memimpin organisasi jamiyah perempuan Muslimat Nahdlatul Ulama dengan jumlah anggota terbesar di Indonesia. Beliau adalah contoh politikus perempuan hebat di Indonesia," katanya. 

Surokim menilai Khofifah sangat berpengalaman dan memiliki rekam jejak yang bagus sehingga bisa menjadi contoh bagi politikus perempuan lainnya. 

"Beliau sudah malang melintang dalam dunia politik eksekutif dan legislatif dari masa ke masa, mulai dari daerah hingga nasional cukup lama,” ucapnya.

“Posisi pengakuan ini menurut saya hanya penguatan saja bahwa memang peran pemimpin perempuan di dunia saat ini tengah mendapat momentumnya. Tentu ini bisa memberi penguatan untuk beliau bisa berperan lebih tinggi dalam kancah politik nasional," tutur dia menambahkan.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022