Dua kafilah Banyuwangi yang menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur meraih juara dalam Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ ) Nasional XXIX di Kalimantan Selatan.

Masing-masing Ahmad Syaifudin Amin asal Desa Bangorejo juara 1 lomba tafsir Bahasa Inggris putra, dan Riskiyatul Fitriyah yang merupakan mahasiswi Mahad Ali Darussalam Blokagung yang menjadi terbaik pada lomba Fahmil Quran putri.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh anak-anak muda Banyuwangi. Ipuk pun salut atas upaya dan kerja keras mereka yang berhasil membanggakan Jawa Timur, khususnya Banyuwangi.

"Selamat kepada anak-anakku Amin dan Riski atas prestasinya yang membanggakan. Banyuwangi bangga pada kalian. Banyuwangi sangat bersyukur karena anak-anak mudanya terus menorehkan prestasi di berbagai bidang," ujar Ipuk.

Ahmad dan Rizky sebelumnya telah melewati seleksi berjenjang dan akhirnya lolos untuk mewakili Provinsi Jawa Timur. Peserta dipilih melalui seleksi Juara 1 hingga 3 di MTQ Provinsi Jawa Timur 2021.

"Semoga prestasi mereka bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak Banyuwangi yang lainnya," katanya.

Di MTQ XXIX Tahun 2022, Jawa Timur menjadi juara umum dengan raihan sebanyak 14 medali emas, 4 medali perak dan 5 medali perunggu

Sementara posisi kedua diraih oleh DKI Jakarta dengan mengumpulkan 8 emas, 7 perak dan 7 perunggu. Serta tuan rumah Kalimantan Selatan menempati urutan ketiga dengan 8 emas, 6 perak, dan 4 perunggu.

MTQ XXIX dilaksanakan 12-18 Oktober 2022 yang diikuti 1.676 peserta dari 34 provinsi. Kegiatan ini mengompetisikan delapan cabang lomba, yakni seni baca Al Quran, hafalan Al Quran, tafsir Al Quran, syarhil Quran, kaligrafi, qiraat Al Quran, fahmil Quran, dan karya tulis Al Quran.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022