Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dipilih menjadi salah satu tuan rumah Kejuaraan Nasional Liga Voli Nasional (Livoli) Divisi Utama putaran pertama.

Kejuaraan yang digelar di GOR Tawangalun Banyuwangi ini berlangsung mulai 11 hingga 16 Oktober 2022 dan diikuti empat tim putra dan empat tim putri yang masing-masing memperebutkan dua tiket babak empat besar.

"Terima kasih sudah memilih Banyuwangi menjadi tuan rumah Livoli. Ini menjadi hiburan bagi masyarakat Banyuwangi. Apalagi juga terdapat warga Banyuwangi yang memperkuat tim yang berlaga di Livoli," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat membuka Livoli Divisi Utama 2022, Selasa.

Menurut dia, kejuaraan itu bukan kali pertama Banyuwangi menjadi tuan rumah ajang olahraga nasional. Sebelumnya ada pula Kejuaraan Tenis Banyuwangi Open Yunior (BOY) 2022, Kejuaraan Anggar Banyuwangi Open 2022, Kejurnas Balap Sepeda, dan World Surf League (WSL) yang telah sukses diselenggarakan.

"Olahraga tidak hanya untuk menjaga pola hidup sehat dan prestasi saja, tapi juga lifestyle. Itulah mengapa kami banyak menggelar sport tourism yang memadukan antara olahraga dan wisata," kata Ipuk.

Delapan klub yang berlaga di Livoli Banyuwangi terdapat juara bertahan voli putri Surabaya Bank Jatim, Vita Solo, Jakarta TNI AL, Gresik Petrokimia untuk kategori putri. Sementara untuk kategori putra, terdapat Surabaya BIN Samator, Pasundan Bandung, Yuso Yogyakarta, dan DPUPR Grobogan.

"Banyuwangi patut berbangga menjadi tuan rumah Livoli Divisi Utama. Ini menjadi momentum untuk melahirkan atlet baru yang mampu membanggakan nama daerah dan Indonesia," kata Ipuk.

Ia menyatakan Livoli Divisi Utama 2022 merupakan anugerah bagi Banyuwangi mengobarkan minat olahraga bola voli di Banyuwangi.

"Voli memiliki penggemar tersendiri. Di desa-desa banyak diselenggarakan kejuaraan voli," tutur Ipuk.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Edy Sunarno mengatakan Livoli Divisi Utama adalah ajang pembinaan bola voli tertinggi di Indonesia. Hal tersebut akan menjadi magnet bagi penggemar voli bukan hanya di Banyuwangi namun juga Indonesia.

"Livoli Divisi Utama memiliki kualitas terbaik di Tanah Air setelah Proliga, akan terjadi persaingan ketat antar tim memperebutkan tiket ke semifinal. Masyarakat Banyuwangi akan disuguhkan permainan voli yang taktis dan menghibur," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022