Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara (PPSDMPU) Kementerian Perhubungan, Heri Sudarmaji, meminta taruna/taruni lulusan Poltekbang Surabaya mewujudkan motto Be The First Class Airman (jadilah penerbang kelas satu).

"Kalian harus mampu menunjukkan bahwa lulusan sekolah penerbangan di bawah naungan Kemenhub, terutama lulusan Poltekbang Surabaya," kata Heri saat wisuda tatap muka taruna/taruni Poltekbang Surabaya, Sabtu.

Lulusan ini, kata dia, menambah kuota sumber daya manusia (SDM) yang akan bekerja di dunia penerbangan Indonesia, meski kondisinya belum stabil akibat pandemi COVID-19.

"Dari kesiapan armada dan SDM ini akan dipacu. Tugas para alumni di kemudian hari semakin berat karena kondisi penerbangan di negara kita juga di dunia belum pulih betul. Maka para alumni dituntut lebih kreatif berinovasi tidak hanya sebagai pencari kerja, tapi juga pencipta lapangan kerja," katanya.

Heri menambahkan, kampus seperti Poltekbang diminta tidak hanya memberikan kemampuan akademis di bidang teknis penerbangan, tapi juga enterpreneurship dan sosial.

Sementara itu, Direktur Poltekbang Surabaya M. Andra Aditiyawarman menjelaskan lulusan tahun 2022 ini terdiri dari 140 orang berasal dari program Pola Pembibitan, 140 orang lainnya berasal dari program mandiri/reguler dan ditambah delapan orang dari Pemerintahan Timor Leste.

"Harapan kami lulusan taruna/taruni kami mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru ataupun tantangan pekerjaan yang baru," katanya.

"Dengan bekal kompetensi teknis, kami yakin mereka akan bisa beradaptasi dengan dunia kerja nantinya. Meskipun harus terus dilatih terkait soft skill dan lainnya," tambah dia.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022