Warga Kabupaten Jember, Jawa Timur, antusias untuk menukarkan uang baru tahun emisi 2022 melalui layanan kas keliling yang digelar di Kantor Bank Indonesia kabupaten setempat, Jumat.

"Hari ini kami mulai melayani penukaran uang baru tahun emisi 2022 melalui kas keliling dan terlihat antusias warga cukup tinggi," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember Yukon Aprinaldo saat meninjau kas keliling di Kantor BI setempat.

Ia mengatakan warga sudah terlihat antre di Kantor BI Jember sebelum dibuka layanan kas keliling pada pukul 09.00 WIB dan layanan berakhir hingga pukul 11.00 WIB, sehingga dalam waktu tiga jam jumlah yang sudah menukarkan uang baru sebanyak 165 orang.

"Pemesanan penukaran uang tahun emisi 2022 melalui layanan kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang bisa diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id," tuturnya.

Baca juga: BI Malang siapkan Rp1,2 triliun untuk penukaran uang baru Tahun Emisi 2022

Menurut dia, petugas BI Jember juga melayani penukaran uang baru tahun emisi 2022 melalui layanan tanpa turun (lantatur), sehingga masyarakat tetap bisa mengendarai kendaraan-nya saat menukar di mobil kas keliling.

"Tidak ada batasan jumlah nominal untuk menukar uang baru tersebut, namun petugas menggunakan 1 paket yang berisi tujuh pecahan uang baru yang totalnya sebesar Rp200 ribu," katanya.

Salah seorang warga Jember Dipta mengaku sudah mendaftar untuk mendapatkan uang baru emisi 2022 melalui aplikasi Pintar karena penasaran dan tertarik dengan bentuk uang baru tersebut.

"Saya kebetulan hobi mengoleksi uang baru, sehingga ketika ada informasi diedarkan uang baru emisi 2022 maka segera mendaftar untuk mendapatkannya melalui layanan kas keliling di Kantor BI Jember," ujarnya.

Ia menjelaskan kecintaannya dengan mengoleksi uang rupiah menjadi salah satu alasan untuk selalu berburu uang baru ketika diedarkan oleh Bank Indonesia, sehingga tidak pernah absen untuk mendapatkan uang rupiah baru yang diterbitkan.

"Totalnya ada tujuh jenis uang pecahan baru yang saya dapatkan yakni Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, dua lembar Rp5 ribu, tiga lembar Rp2 ribu, dan empat lembar Rp1 ribu dengan total yang saya tukarkan sebesar Rp200 ribu dapat satu paket uang baru senilai itu," ucapnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022