Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat (8/7/), bersama lintas sektor terus menggencarkan vaksinasi pada hewan ternak pada tingkat desa sebagai upaya menekan laju persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayahnya.

Tidak hanya itu, antisipasi dan penanggulangan PMK pada hewan ternak, Forkopimcam Kapongan juga melakukan penyemprotan disinfektan serentak di kandang-kandang peternak di seluruh desa.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meminimalisasi penularan PMK pada hewan ternak, serta melindungi ternak yang masih sehat agar tidak terpapar PMK," ujar Camat Kapongan, Abdul Kadir di Situbondo.

Selain itu, petugas juga memberikan edukasi kepada peternak mengenai pentingnya vaksinasi PMK baik secara medis maupun alternatif.

"Kegiatan vaksinasi PMK dan penyemprotan disinfektan kandang ternak ini dilakukan juga dalam rangka menjelang Hari Raya Kurban," paparnya.

Sementara itu, Kapolsek Kapongan AKP Nanang Priyambodo menyampaikan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi tingkat kabupaten hingga kecamatan dengan sasaran utama adalah kewilayahan yang tinggi terkonfirmasi terpapar PMK.

"Dalam kegiatan ini kami bersinergi dengan puskeswan dan tenaga kesehatan hewan. Ini kami laksanakan juga dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang hendak berkurban," katanya.

Sosialisasi dan edukasi mengenai vaksinasi PMK pada hewan ternak, harapannya rasa khawatir masyarakat bisa terukur dengan adanya langkah dan penjelasan secara medis terkait PMK.

"Bagi masyarakat khususnya Kecamatan Kapongan tidak perlu khawatir untuk berkurban pada Idul Adha, silakan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat baik dari unsur TNI/Polri untuk memeriksakan ternaknya yang akan dijadikan kurban apakah memenuhi syarat kesehatan atau tidak," katanya.

Danramil Kapongan Kapten Inf. Agus Al Amin menambahkan unsur kami dikwilayahan desa bersama puskeswan setempat senantiasa akan memberikan pelayanan dengan baik untuk kelayakan hewan kurban.

"Mendekati Hari Raya Kurban, Satgas PMK Kecamatan Kapongan bersinergi dengan lintas sektor untuk lebih memaksimalkan pendataan dan memberikan pendampingan pemeriksaan kesehatan hewan kurban untuk menjaga kekhawatiran masyarakat bahwa PMK ini tidak menular kepada manusia selama dimasak dengan bersih dan benar," kata Danramil.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022