SMA Negeri 5 Surabaya menggelar turnamen bola basket 3x3 bertajuk "SMALA Cup 2022" yang dijadwalkan diselenggarakan pada 2-5 Juli di SIER Sport Arena Surabaya.

"Peserta ada yang dari tingkat SMP hingga mahasiswa. Karena ini sifatnya umum, tidak terikat dengan sekolah. Satu tim bisa lintas sekolah dengan jenjang pendidikan berbeda. Total ada 24 tim sudah mendaftar," ujar Ketua Panitia SMALA Cup 2022 Muhammad Fauzan Noor saat dikonfirmasi, Jumat.

Pihaknya memilih menggelar turnamen di SIER karena dinilai baik dan berstandar International Basketball Federation (FIBA) 3x3.

Menurut dia, olahraga basket 3x3 saat ini sedang digemari anak-anak muda yang mayoritas peserta berusia 15 tahun hingga 20 tahun.

"Nanti kami juga gelorakan aktivitas olahraga melalui media sosial agar anak-anak muda semakin menggandrungi. Apalagi sudah lama pandemi ini membuat kita kurang aktivitas luar ruang," ucapnya.

Tak hanya basket 3x3, kata Fauzan, SMAN 5 juga menggelar basket 5x5 untuk putra dan putri, lalu dance untuk SMP dan SMA di Surabaya di GOR Pancasila.

Sementara itu, Pelaksana Bisnis Jasa Penunjang SIER Muhammad Fiqih Alwi mengatakan sejak pandemi mulai melandai dan terkendali, fasilitas olahraga milik SIER sudah mulai ramai.

"Kami memiliki sejumlah fasilitas olahraga yakni, lapangan basket 3x3, sepak bola, bulu tangkis, tenis dan futsal. Kami juga akan ada lapangan bola voli yang sedang dikembangkan," katanya.
 
Khusus lapangan basket 3x3, lanjut dia, tergolong baru, namun jumlah penyewanya cukup banyak dan sangat diminati anak-anak muda.

Untuk persiapan SMALA Cup 2022, Alwi mengatakan, persiapan sudah sangat matang, termasuk perizinan yang telah diurus. 

Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono, mengaku sangat gembira fasilitas olahraga SIER Sport Arena mulai ramai kembali.

Meski begitu, dia tetap mengingatkan kepada penyelenggara kegiatan untuk tidak abai protokol kesehatan, terutama memakai masker.

"Kami akan terus berusaha meningkatkan fasilitas olahraga di SIER. Kami ingin ikut berpartisipasi menciptakan masyarakat yang sehat dengan memberikan fasilitas olahraga memadai, harga terjangkau, dan mudah aksesnya," tutur Didong, sapaan akrabnya. 

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022