Lima unit PT Pembangkitan Jawa-Bali menerima penghargaan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2022 yang diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Direktur Utama PT PJB Gong Matua Hasibuan, Kamis, mengatakan lima unit itu masing-masing PT PJB UBJOM Paiton, PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar, PT PJB Unit Pembangkitan Paiton, PT PJB Unit Pembangkitan Cirata serta PT PJB Unit Pembangkitan Gresik.

"Penghargaan diserahkan secara langsung Wakil Presiden Republik Indonesia, di Jakarta pada hari ini," kata Gong Matua dalam siaran persnya yang diterima di Surabaya.

Baca juga: PJB kembangkan teknologi modifikasi cuaca di DAS Brantas untuk PLTA

Gong Matua mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti nyata kontribusi PJB dalam menyukseskan program pembangunan berkelanjutan terutama pada pemberdayaan masyarakat desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Program-program CSR dalam pendampingan pembangunan desa akan terus kami tingkatkan, agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari hadirnya perusahaan di lingkungannya," kata Gong Matua.

Sementara General Manager PT PJB UP Gresik, Sidik Wiyono mengaku bersyukur atas pencapaian PJB UP Gresik yang mendapatkan penghargaan.

Baca juga: PJB gandeng Jepang kembangkan amonia sebagai bahan bakar alternatif

Hal ini membuktikan program CSR yang telah dilakukan selama ini dapat berkontribusi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan oleh pemerintah.

"Penghargaan ini merupakan bukti nyata kontribusi PJB UP Gresik dalam menyukseskan program pembangunan berkelanjutan, terutama pada pemberdayaan masyarakat desa melalui BUMDes. Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas program agar lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaat dari hadirnya perusahaan di lingkungannya," kata dia.

Sementara itu, secara rinci lima unit PJB itu masing-masing menerima penghargaan yang dibagi tiga kategori, yakni Gold, Silver dan Bronze.

Untuk kategori Gold diraih dua unit PJB, masing-masing PJB UP Paiton dengan program Desa Wisata Binor Harmony dan Kampung Setrum, PJB UP Gresik dengan program Dewa Wisata Lontar. 

Untuk kategori Silver diraih oleh PJB UBJOM Paiton dengan Taman Pemandian SBK. Sedangkan kategori Bronze diraih dua unit, yaitu UP Cirata dengan Program Kelompok Ternak Domba Medal Saluyu, serta PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-Awar dengan Program Integrated Farming System Pemuda Harapan.

Program Integrated Farming System ini diselenggarakan karena sejalan dengan tujuan Creating Shared Value (CSV) dan Sustainable Development Goals (SDG’s).

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022