Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kediri, Jawa Timur, melakukan home visit untuk keperluan perekaman data KTP elektronik kepada warga yang masuk kategori orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan anak berkebutuhan khusus (ABK).

Kepala Dispendukcapil Kota Kediri Syamsul Bachri mengemukakan bahwa perekaman KTP-el dengan home visit ini merupakan wujud dari program integrasi percepatan pelayanan penduduk rentan (Incip Duren). Program ini memudahkan penduduk rentan untuk mendapatkan administrasi kependudukan.

"Kami datang ke rumah warga rentan yang membutuhkan administrasi kependudukan, misalnya KTP-el. Kami akan lakukan perekaman. Jika sudah selesai, pencetakan KTP-el juga akan langsung kami antarkan ke rumah yang bersangkutan," kata Syamsul Bachri di Kediri, Kamis.

Sebelum melakukan home visit perekaman KTP-el, Syamsul menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan kelurahan untuk memastikan kelengkapan data dan dokumen dasar yang bersangkutan.

"Kelengkapan dan kejelasan data penduduk rentan sebelum perekaman ini sangat penting supaya dokumen administrasi kependudukan yang kami berikan akurat," ujarnya.

Selain itu, selama pelaksanaan perekaman data, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Kediri melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk memastikan situasi dan kondisi penduduk rentan selama perekaman.

Hingga kini, kata dia, pelaksanaan layanan ini cukup lancar. Namun, dia mengakui dalam mendapatkan kelengkapan dokumen dasar penduduk rentan kadang membutuhkan waktu yang lumayan lama.

"Untuk mendapatkan kelengkapan data dasar ini kadang memakan waktu. Makanya, kadang waktu dari permohonan yang dikirim kelurahan hingga home visit bisa 1—2 pekan. Akan tetapi, jika datanya sudah langkap dan tepat, perekaman home visit dapat segera dilakukan," ujar dia.

Syamsul juga menjelaskan bahwa kelengkapan data penduduk yang akurat itu penting untuk menghindari permasalahan hukum di kemudian hari.

"Kami harus berhati-hati dalam memberikan administrasi kependudukan agar dokumen kependudukan yang kami keluarkan akurat," kata dia.

Dispendukcapil Kota Kediri didampingi pendamping ODGJ kecamatan, TRC Kelurahan Rejomulyo, serta perwakilan Kelurahan Rejomulyo melakukan home visit dan perekaman KTP-el terhadap dua warga ODGJ dan ABK di Kelurahan Rejomulyo.

Untuk daerah lainnya, lanjut dia, saat ini dalam proses sambil menunggu kelengkapan berkas dari yang mengajukan.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022