Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, kembali menggelar tes parameter fisik pada 21-22 Mei untuk persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim yang rencananya digelar akhir Juni mendatang.

Ketua KONI Kabupaten Situbondo, Deny Wahyu Pribadi mengatakan sebanyak 204 atlet yang mengikuti tes parameter ini dipastikan akan berlaga pada ajang Porprov Jatim Ke-VII.

"Atlet ini sudah melalui tiga kali tes untuk mengukur kemampuan fisiknya. Untuk tes parameter kali ini, kami melihat kemampuan atlet yang layak. Karena sebelumnya, kami sudah melakukan tes yang terakhir," katanya di Situbondo, Minggu.

Deny menegaskan bahwa tes parameter fisik kali ini untuk melihat perkembangan atlet. Apakah mereka tetap menjalani program latihan selama bulan Puasa atau tidak.
Pengurus KONI Situbondo menerima kunjungan Panitia Besar Porprov Jatim Ke-VII Tahun 2022 di Gedung Olahraga Situbondo. Minggu (22/5/2022) (ANTARA/Novi H)


"Kami ingin mengetahui apakah ada peningkatan atau justru menurun. Jadi, tes parameter sekarang ini untuk mengetahui apakah mereka memenuhi target yang mereka janjikan?," kata Deny.

Ia menambahkan, selama satu bulan ke depan KONI Situbondo akan terus memantau tiap cabang olahraga (cabor) untuk memastikan keseriusan atlet dalam berlatih, sebagai komitmen untuk bisa mengukur prestasi pada ajang porprov.

Sejak awal tes parameter fisik yang digelar pada September 2021, tercatat ada 580 atlet, kemudian tes parameter kedua pada Desember 2021 berkurang menjadi 428 atlet, dan pada tes parameter ketiga atau terakhir terjaring menjadi 204 atlet dari 27 cabang olahraga.

"Jumlah tersebut sudah final. Karena kami sudah melakukan pendaftaran daring melalui Panitia Besar Porprov Jatim 2022," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022