Dua program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya meraih akreditasi unggul dengan standar baru dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kesehatan (LAM-PT KES).

"Dua prodi yang terakreditasi unggul adalah Prodi S1 Keperawatan dengan Nomor Surat Keputusan 063/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2022 dan Prodi Profesi Ners dengn Nomor Surat Keputusan 0164/LAM-PTKes/Akr/Pro/III/2022. Kedua Progam Studi ini telah resmi terakreditasi unggul pada 11 Maret 2022," ujar Dekan FIK UM Surabaya Nur Mukarromah di Surabaya, Selasa.

Raihan ini menjadikan FIK UM Surabaya sebagai satu-satunya Fakultas di Jawa Timur dengan prodi yang memiliki akreditasi unggul dengan standar baru dengan sembilan kriteria.

Atas capaian ini, FIK mendapatkan penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII, Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Regional IX dan Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Jawa Timur, yang diberikan langsung pada pelantikan dan pengambilan sumpah Profesi Ners dan Ahli Madya.

Nur Mukkarromah menjelaskan bahwa akreditasi unggul diberikan kepada Prodi S1 Keperawatan dan Profesi Ners karena program studi telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi dari LAM-PTKES.

"Selain memenuhi standar, predikat unggul ditetapkan karena banyaknya prestasi yang dimiliki oleh kedua prodi tersebut serta sesuainya standar jaminan mutu pada program studi dan perguruan tinggi baik akademik maupun non akademik," katanya.

Raihan ini, lanjut dia, adalah sebuah prestasi yang harus disyukuri. Sebab akreditasi unggul tidak akan tercapai tanpa adanya komitmen dan tanggung jawab dalam menyelenggarakan sebuah pendidikan tinggi yang berkualitas dan bermutu.

"FIK UM Surabaya sangat siap terhadap tantangan, mutu atau kualitas pada pendidikan tinggi" ujarnya.

Dia menambahkan bahwa lulusan Profesi Ners dan Ahli Madya Kesehatan FIK UM Surabaya adalah putra-putri bangsa yang unggul dan bisa bersaing menerima tantangan di era globalisasi saat ini.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur, Soeprapto, menyampaikan untuk memperoleh predikat unggul tidaklah mudah dan UM Surabaya adalah satu-satunya institusi di Jawa Timur yang mampu mendapatkannya.

"Berbanggalah menjadi bagian dari lulusan UM Surabaya. Jika kalian diluluskan dengan akreditasi unggul pasti kalian unggul dimana-mana" ujar Soeprapto.

Soeprapto juga mengucapkan selamat kepada lulusan dan berpesan terkait tantangan ke depan adalah tantangan pengabdian, lulusan harus siap dalam mengabdikan jiwa dan raganya untuk negeri.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PPNI Nursalam menjelaskan bahwa akreditasi unggul adalah predikat yang diberikan oleh institusi karena telah menyelenggarakan pendidikan di institusi dengan kualitas dan mutu yang sangat baik.

"Mutu pendidikan perguruan tinggi dapat dicapai bila beberapa indikator telah terpenuhi yaitu mutu kualitas lulusan dimana salah satunya adalah lulusan yang telah terpapar penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan harus menyelesaikan kuliah di luar kampus sebanyak 20 SKS," ujarnya.

Untuk memenuhi akreditasi unggul, sambung Nursal, terbagi menjadi sembilan kriteria yakni visi misi institusi, mutu institusi, bidang kemahasiswaan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kurikulum, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan luaran Institusi.

"Untuk memenangkan persaingan di dunia kerja harus memegang teguh prinsip “CCC” yaitu, confident, calm, dan concentration. Dalam bekerja, harus terus percaya diri dalam bertindak namun tidak boleh grusa-grusu selalu fokus dan tidak terpengaruh oleh lingkungan negatif yang ada di sekitar kita," katanya.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022