Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, mendorong pengembangan lapak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di tiap kelurahan dengan menggelar kegiatan Bazar "Kota Kita".

"Ada bazar ini bisa menjadi sarana untuk belajar berwirausaha bagi pelaku lapak UMKM dan masyarakat. Ini baik. UMKM juga bisa jadi perekat kerja sama dan kerukunan antarsesama warga," ujar Wali Kota Madiun Maidi saat mengunjungi Bazar Kota Kita di Kelurahan Patihan dan Madiun Lor, Kota Madiun, Senin.

Menurut ia, pemerintah hadir dalam mendukung perkembangan UMKM di Kota Madiun. Salah satunya dengan menggelar pelatihan-pelatihan ketrampilan usaha, bantuan gerobak untuk usaha, dan fasilitas perizinan.

"Selain itu, lapak UMKM di kelurahan juga terus kita sempurnakan. Kalau ada kegiatan warga, hendaknya bisa diadakan di lapak lebih bagus, supaya lapak semakin ramai," katanya.

Pembangunan lapak dan penyelenggaraan bazar tersebut, lanjut Maidi, sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Madiun dalam memberikan apresiasi atas produk hasil kreasi warga dan memberikan wadah untuk pemasaran produk-produknya.

"Melalui pola-pola seperti ini harapannya produk usaha dari warga semakin dikenal dan produktif. Penghasilan warga semakin meningkat dan harapannya kesejahteraan meningkat," katanya.

Sementara, dalam kegiatan Bazar Kota Kita tersebut berbagai olahan makanan dan minuman produk unggulan dari lapak UMKM dan warga sekitar dipamerkan dan dijual.

Mulai makanan dan minuman khas Kota Madiun hingga produk kekinian, seperti olahan nasi pecel, sambal pecel, jajanan khas madumongso, jamu, dan lainnya.

Orang nomor satu di Pemerintah Kota Madiun itu terlihat memborong makanan dan jajanan untuk dibagikan ke warga.

Wali Kota Maidi juga membagikan minyak goreng kemasan secara gratis ke warga sebagai upaya untuk menurunkan harga komoditas tersebut di pasaran yang masih tinggi.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022