DPD Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Jawa Timur dan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” sepakat melaksanakan kegiatan kampanye antinarkoba di lingkungan kampus dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kesepakatan tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman atau MoU kedua belah pihak di Surabaya, Senin (31/1).

"Ini sebagai landasan kerja sama dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)," ujar Ketua DPD GRANAT Jatim Arie Soeripan.

Selain itu, kesepakatan dibentuk untuk menyelaraskan program terhadap penyalahgunaan narkoba di lingkungan kemasyarakatan melalui sinergitas antara mahasiswa, masyarakat dan lembaga lain di daerah.

"Ini sekaligus upaya terwujudnya masyarakat dan keluarga yang memiliki sikap tegas menolak penyalahgunaan narkoba dan terbentuknya kawasan bersih narkoba," ucapnya.

Ruang lingkup berdasarkan nota kesepahaman tersebut meliputi pelaksanaan komunikasi, informasi dan edukasi untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di masyarakat yang terintegrasi pada tugas dan fungsi perguruan tinggi pada program pengabdian masyarakat.

"Ini juga bentuk dan wujud bahwa GRANAT berkomitmen menyelamatkan anak bangsa dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba," kata dia.

Sementara itu, Rektor UPN Veteran Jatim Prof. Akhmad Fauzi menyampaikan pihaknya terus berkonsentrasi dalam pengembangan lembaga demi memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat.

"Ini juga untuk terus melakukan percepatan ke depan menuju entrepreneur university serta mewujudkan universitas dinamis, inovatif dan berdaya saing internasional," kata dia.

"Kami juga bertekad menciptakan kampus bersih narkoba. Makanya  kami lakukan penandatanganan MoU dengan GRANAT Jatim," tambahnya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022