Memiliki jaminan kesehatan, biasanya baru terasa penting ketika kita sakit namun tidak memiliki jaminan kesehatan tersebut.

Sadar bahwa sakit bisa dialami kapan saja dan kepada siapa saja, tanpa memandang usia, tempat, dan waktu, membuat Afita Eka Fatmawati memandang bahwa menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangatlah penting dan memberikan banyak kemudahan.

Afita Eka Fatmawati merupakan peserta JKN-KIS yang berasal dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Ia mengungkapkan bahwa jaminan kesehatan merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak memiliki jaminan kesehatan tersebut.

"Dengan memiliki jaminan kesehatan, maka kita sudah siap jika sewaktu-waktu sakit. Kalau kita sakit, tentunya juga perlu biaya untuk berobat. Nah itu yang kita siapkan, dengan BPJS Kesehatan, risiko biaya pelayanan kesehatan sudah ada yang menanggung. Kita tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya tersebut," ujar Eka, sapaan akrab Afita Eka Fatmawati di Madiun, Jumat

Eka mengaku memang belum pernah memanfaatkan kartu JKN-KIS untuk berobat. Namun ia sudah melihat sendiri pengalaman keluarganya saat memanfaatkan layanan jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS Kesehatan itu. 

Menurutnya, pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS sangatlah baik sesuai dengan apa yang menjadi haknya. Dengan catatan, peserta JKN-KIS juga mengikuti alur dan prosedur yang telah ditetapkan.

"Yang utamanya adalah jangan lupa untuk membayar iuran setiap bulannya. Karena kalau sampai terlambat dan kartu JKN-KIS tidak aktif, nanti kita sendiri yang repot saat akan menggunakannya. Jadi harus benar-benar tertib untuk membayar iuran," kata Eka.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan oleh program JKN-KIS, Eka mengungkapkan harapannya agar program tersebut akan senantiasa hadir untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Pelayanan yang diberikan juga harus ditingkatkan, termasuk kemudahan-kemudahan dalam hal pengurusan administrasi. 

"Saat ini sudah ada aplikasi Mobile JKN yang di dalamnya banyak sekali fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS. Pengurusan administrasi juga bisa dilakukan melalui layanan Whatsapp. Itu artinya sudah banyak kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Jadi nunggu apa lagi untuk jadi peserta JKN-KIS, segera mendaftar,"kata Eka. (adv/ar/tk)

 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022