Terdaftar dan memiliki jaminan kesehatan sejak jaman PT. Askes (Persero) hingga saat ini bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan, Milla Joedi P. (56) sangat bersyukur belum pernah menggunakan kartunya untuk berobat.

Aparatur sipil negara (ASN) itu ikhlas iuran yang dipotong setiap bulan untuk membantu sesama lantaran dirinya belum pernah sakit terlebih rawat inap.

Kesehatan bukan faktor utama dalam kehidupan, namun tanpa kesehatan kehidupan tak akan ada artinya. Hal itu yang selalu menjadi motivasi Milla agar tetap bugar dan sehat setiap waktu hingga memasuki usia lanjut saat ini.

"Syukur Alhamdulillah sampai sekarang saya masih diberikan kesehatan, sampai dengan usia yang tak muda ini belum pernah merasakan berobat dan rawat inap di rumah sakit. Jangan sampe itu terjadi, kalau sudah sakit pastilah kacau segalanya," tutur Milla.
 
Menurut Milla, menjadi peserta program JKN-KIS bukan semata-mata menggugurkan kewajiban sebagai penduduk Indonesia, melainkan sebagai bentuk kesadaran atas pentingnya program JKN-KIS.

"Kebetulan saya memang telah terdaftar sejak menjadi PNS dan masih PT Askes saat itiu. Orang tidak akan ada yang tahu kapan sakit akan menghampiri. Dengan terus mendukung program JKN-KIS saya yakin banyak saudara kita yang tertolong dan mendapatkan balasan yang berlipat," tambahnya.

Milla paham betul betapa berharganya kesehatan di masa sekarang ini dan dirinya selalu menggaungkan gotong-royong yang merupakan prinsip penyelenggaraan program JKN-KIS kian hari semakin lekat di telinga masyarakat.

Dengan iuran yang dibayarkan rutin setiap bulan Milla yakin hal tersebut membantu untuk masyarakat yang telah menggunakan kartu JKN-KIS miliknya.

Lebih lanjut, dia menyadari adanya program JKN-KIS yang merupakan wujud hadirnya Negara Indonesia di tengah lapisan masyarakat. Masyarakat tak lagi mengalami kesulitan dalam mengakses pelayanan kesehatan dari segi biaya.

"Dengan prinsip gotong royong, orang yang tidak mampu dapat dengan mudah mengakses pelayanan kesehatan, menikmati fasilitas kesehatan baik di puskesmas, klinik, praktik dokter pribadi, bahkan di rumah sakit," tambah Milla.
 
"Saya berharap kepada seluruh masyarakat untuk dapat memiliki kartu JKN-KIS. Jika telah terdaftar tak perlu lagi pusingkan biaya pengobatan. Semoga program JKN-KIS semakin baik dan terus berinovasi agar dapat memberikan pelayanan yang semakin berkualitas kepada pesertanya," tutup Milla.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021